Skip to main content

Cara Bootable Flashdisk Windows 7, 8, Dan 10 Dengan Rufus

Cara Bootable Flashdisk Windows 7, 8, Dan 10 Dengan Rufus - Laptop yang lelet dan performanya menurun lebih sering terjadi karena masalah pada sistem operasi, terutama pada Windows OS. Untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu cara yang sering menjadi alternatif terakhir adalah dengan menginstall ulang laptop.

Berbicara tentang install ulang laptop, ternyata tidak sesulit yang terpikirkan, terlebih jika install laptop dengan Windows OS. Yang perlu dilakukan hanya menyiapkan beberapa peralatan untuk membuat media installer Windows, yaitu bootable file ISO yang bisa dilakukan di DVD atau pun flashdisk.

Pada dasarnya, membuat bootable sistem operasi di DVD dan flashdisk tujuannya sama saja, yaitu untuk menginstall ulang laptop. Umumnya, bootable menggunakan DVD digunakan jika tidak ada flashdisk dan laptop yang akan diinstal memiliki DVD ROM. Sementara membuat bootable Windows dengan flashdisk menjadi satu-satunya pilihan cepat untuk menginstall laptop yang tidak memiliki DVD ROM seperti Notebook. 

Selain itu, kelebihan membuat bootable Windows di flashdisk adalah fd bisa digunakan lagi menjadi media penyimpanan seperti sedia kala. Sementara DVD yang sudah dibootable, pada dasarnya tidak dapat digunakan lagi untuk media penyimpanan.

Cara Bootable Flashdisk Windows 7, 8, Dan 10 Dengan Rufus

Berikut cara bootable flahsdisk Windows 7, 8, dan 10 dengan Rufus:

Hal pertama yang harus kita siapkan adalah menyiapkan alat tempur untuk instal laptop, yaitu flashdiks, file ISO Windows, dan aplikasi Bootable dalam hal ini Rufus.

1. Flashdisk Bootable

Flashdisk Bootable adalah flashdisk yang akan menjadi tempat menyimpan master Windows, yaitu file ISO yang dapat digunakan untuk instal Windows.

Yang perlu diperhatikan, mengubah flashdisk biasa menjadi flashdisk bootable wajib menggunakan format flashdisk type NTFS.

2. File ISO Windows

File ISO Windows adalah file yang berisi sistem operasi Windows, baik Windows 7, 8, atau 10.

Perlu diperhatikan untuk mengecek tipe processor laptop yang akan diinstall. Untuk laptop 32 bit, sebaiknya menggunakan Windows 32 bit juga. Sama seperti laptop 64 bit, sebaiknya menggunakan Windows 64 bit.

Perbedaan 32 bit dan 64 bit kadang tidak terlihat sebelum menggunakan aplikasi-aplikasi tambahan. Software 32 bit bisa diinstal di OS 64 bit. Namun software versi 64 bit tidak bisa diinstal di OS 32 bit. Selain itu, sistem operasi 64 bit akan berat jika dijalankan di laptop 32 bit.

3. Aplikasi Bootable

Ada banyak aplikasi atau software bootable Windows seperti Rufus, UNetbootin, Wintoflash, UltraISO, dan juga bisa menggunakan CMD (Command Prompt) atau tanpa software juga bisa. Jika media yang digunakan adalah DVD, maka saya suka membuat bootable Windows dengan CDxburner. Sementara jika membuat media installer dengan flashdisk, maka saya lebih suka menggunakan Rufus.

Kelebihan Rufus adalah aplikasi yang ringan dengan file kurang dari 1 MB dan bisa dijalankan tanpa perlu diinstal di laptop.

Langkah-langkah cara membuat bootable flashdisk Windows 7 8 10 dengan Rufus:

Cara Bootable Flashdisk Windows 7, 8, Dan 10 Dengan Rufus
Cara Bootable Flashdisk Windows 7, 8, Dan 10 Dengan Rufus

  1. Tancapkan flashdisk yang akan dijadikan bootable Windows di port USB laptop. Format laptop dengan format file system NTFS. Kamu bisa format flashdisk langsung di Rufus nanti.
  2. Buka installer Rufus tanpa perlu diinstal.
  3. Centang Quick Format, Create a bootable disk using dan Create extended label and icon files.
  4. Pada bagian ISO Image, klik dan cari file ISO Windows 7 8 atau 10 yang akan dibootable.
  5. Setelah semua selasai, klik Start dan tunggu proses sampai selesai. Biasanya butuh waktu kurang dari 5 menit jika membuat bootable Windows 7.

Setelah langkah di atas selesai, flashdisk bootable sudah siap digunakan untuk instal ulang laptop yang lelet.

Jika sudah digunakan, kita bisa memformat flashdisk untuk mengembalikan USB bootable menjadi penyimpanan file biasa.

Lihat juga 

Demikianlah cara bootable flashdisk Windows 7, 8, 10 dengan Rufus. Semoga bermanfaat!

Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.