Skip to main content

10 Negara Terkecil Di Dunia

10 Negara Terkecil Di Dunia - Ternyata sebuah negara tidak harus memiliki area wilayah yang luas untuk menjadi sebuah negara yang berdaulat. Di dunia ini, ada banyak negara dengan luas wilayah yang sangat kecil, bahkan kurang dari 1 kilometer persegi. Jika dibandingkan dengan negara-negara terbesar di dunia seperti Rusia, Kanada, China, Amerika Serikat, bahkan Indonesia, beberapa negara di bawah ini bahkan tidak terlihat dalam peta dunia.

Negara Terkecil Di Dunia
Negara Terkecil Di Dunia

Mungkin kita mengenal negara Singapura sebagai salah satu negara terkecil di dunia. Tapi ternyata, negara Singapura yang terkenal sebagai negara dengan luas wilayah yang kecil tidak masuk dalam daftar 10 negara terkecil di dunia.

Jika demikian, apa saja negara yang masuk daftar negara terkecil di dunia?

Daftar Negara Terkecil Di Dunia


10 negara terkecil di dunia:

1. Vatikan

Vatikan adalah negara terkecil di dunia dengan luas wilayah 0,44 km2. Negara yang terletak di benua Eropa ini, tepatnya dalam kota Roma, Italia, merupakan pusat Gereja Katolik.

Negara yang juga disebut Holy See atau Tahta Suci ini menjadi tempat bermukimnya Paus, pemimpin tertinggi di Vatikan.

2. Monako

Monako adalah negara terkecil kedua di dunia setelah Vatikan dengan luas wilayah sekitar 2 km2. Meskipun memiliki wilayah yang kecil, Monako memiliki populasi penduduk yang banyak yang menjadikannya negara terpadat di dunia.

Negara yang terletak di benua Eropa ini memiliki bendera negara yang sangat mirip dengan Indonesia.

Monako menganut sistem kerajaan dan menggunakan bahasa Prancis.

Negara kecil ini dikenal sebagai rumah bagi miliarder dari seluruh dunia

Selain terkenal dengan industri barang mewah dan perjudian, sektor pariwisata Monako yang didukung oleh keindahan alamnya serta fasilitas mewah yang tersedia menjadi penghasilan utama negara ini.

3. Nauru

Nauru atau yang dulu juga dikenal dengan sebutan Pleasant Island ini menjadi salah satu negara terkecil di dunia. Luas wilayah negara Nauru sekitar 21 km2.

Terletak di benua Australia bagian timur, Nauru juga menjadi negara pulau terkecil di dunia.

Awalnya, Nauru menjadi negara terkaya di dunia berkat fosfat. Namun eksploitasi pertambangan membuat negara ini mengalami kemunduran perekonomian bahkan menjadi salah satu negara dengan pengangguran tertinggi di dunia. Masalah lainnya yang dihadapi oleh negara ini adalah sebagian besar penduduknya mengalami obesitas.

4. Tuvalu

Tuvalu menjadi negara terkecil ke 4 di dunia dengan luas wilayah sekitar 26 km2. Saking kecilnya, jalan melintang di negara ini hanya sepanjang 8 km.

Tuvalu terletak di Samudra Pasifif, Timur Australia terkenal dengan sektor pariwisatanya. Namun karena letaknya yang jauh dari negara tetangga membuat negara Tuvalu cukup terpencil untuk dikunjungi wisatawan.

5. San Marino

San Marino menjadi negara terkecil berikutnya dengan luas wilayah sekitar 61 km2.

San Marino menjadi negara yang unik karena wilayahnya yang dikelilingi oleh Italia.

Negara yang dikenal sebagai negara tertua di dunia ini termasuk negara padat penduduk. Namun meskipun demikian, San Marino juga terkenal sebagai negara dengan tingkat pengangguran yang rendah.

Beberapa hal yang membuat San Marino menjadi negara maju adalah sektor pariwisata, perbankan, dan manufaktor.

6. Liechetenstein

Liechetenstein adalah salah satu negara terkecil di dunia dengan luas wilayah 160 km2. Negara yang wilayahnya terletak di Eropa Barat, Pegunungan Alpen ini, di antara Swiss dan Austria ini menjadi salah negara yang sangat aman di dunia.

Liechetenstein juga menjadi salah satu negara terkaya di dunia dengan PDB per kapita tertinggi di dunia yang tingkat pengangguranya sangat rendah di dunia. Bahkan, negara kecil dengan keindahan desanya ini tidak memiiliki hutang dengan negara lain.

Liechetenstein tidak memiliki kekuatan militer, namun Swiss bertanggung jawab atas keamanan negara mungil ini. Namun uniknya, Swiss yang juga terkenal sebagai negara cinta damai, pernah melakukan "invasi" ke negara kecil ini.

7. Kepulauan Marshall

Kepulauan Marshall menjadi salah satu negara terkecil di dunia yang wilayahnya terletak di Samudra Pasifik dengan luas wilayah sekitar 181 km2.

8. Saint Kitts & Nevis

Saint Kitts & Nevis berada dalam wilayah Kepulauan Leeward, Karibia, termasuk negara terkecil di Amerika dengan luas wilayah sekitar 261 km2.

9. Maladewa (Maldives)

Negara Maladewa atau biasa disebut Maldives menjadi negara terkecil di Asia dan terkecil ke-9 di dunia dengan luas wilayah sekitar 298 km2.

Negara yang beribukota di Victoria ini menjadi negara terendah di dunia.

Keindahan alamnya menjadikan Maladewa sebagai negara tujuan wisata di dunia.

10. Malta

Malta menjadi negara terkecil ke-10 di dunia dengan luas wilayah sekitar 316 km2.

Negara kecil yang terletak di benua Eropa ini beribukota di Valleta.

Negara Terkecil Di Asia Tenggara


Singapura merupakan negara terkecil di kawasan Asia Tenggara dengan luas wilayah sekitar 682,7 km2. Meskipun negara ini kecil, namun kemajuan perekonomian Singapura tidak tertandingi di Asia Tenggara dengan PDB dan IPM tertinggi dibandingkan dengan negara-negara lainnya.

Lihat juga Daftar Negara Terluas Di Dunia

Demikianlah daftar negara terkecil di dunia dan profil singkatnya. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.