Skip to main content

Negara Di Asia Timur Dan Ibukotanya [Lengkap]

Negara Di Asia Timur Dan Ibukota [Lengkap] - Asia Timur menjadi kawasan paling maju di benua Asia. Karena itu, membahas negara-negara di Asia Timur memang tidak akan pernah ada habisnya. Dilihat dari sejarah, negara di Asia Timur begitu cepat berubah, berkembang dan menjadi negara maju dengan perekonomian terkuat di dunia.

Bendera Negara Di Asia Timur
Bendera Negara Di Asia Timur

Salah satu yang membuat negara di Asia Timur begitu maju adalah karena kedisiplinan dan aturan yang tegas yang mau tidak mau harus didukung oleh rakyat dan Pemerintah. Dan yang tak kalah penting adalah sistem pendidikan dasar yang menjadi pondasi ekonomi kuat seperti sekarang ini.

Hal ini harus dicontoh oleh negara-negara lainnya di kawasan Asia, termasuk Indonesia. Masalah internal terkait kepentingan politik menjadikan sebagian besar negara mengalami pertumbuhan ekonomi yang lambat.

Namun kita tidak akan bahas hal tersebut untuk saat ini. Hari ini kita akan membahas negara di Asia Timur dan ibukotanya lengkap.

Negara Di Asia Timur Dan Ibukotanya


Nama-nama negara di kawasan Asia Timur:
  1. Hong Kong ibukota Hong Kong
  2. Jepang ibukota Tokyo
  3. Makau Ibukota Makau
  4. Korea Selatan ibukota kota Seoul
  5. Korea Utara ibukota Pyongyang
  6. Republik Rakyat Cina Ibukota Beijing
  7. Taiwan ibukota Taipeh

Negara Maju Di Asia Timur


Hampir semua negara di Asia Timur termasuk negara maju. Sebut saja Jepang, Korea Selatan, China, Taiwan, dan Hong Kong.

Jepang menjadi satu-satunya negara yang masuk dalam organisasi G7, yaitu negara dengan perekonomian terkuat di dunia bersama dengan Amerika Serikat dan negara-negara maju Eropa.

Selain itu, kekuatan ekonomi China juga telah mampu bersaing dengan Amerika Serikat.

Beberapa hal yang menarik dari Asia Timur adalah kemajuan mereka yang sangat cepat. Di masa perang dunia 2, Jepang memang cukup mendominasi sebelum akhirnya dihancurkan oleh bom atom di kota Nagasaki dan Hiroshima. Di tengah kehancuran, Jepang kembali bangkit dan kemudian menjadi negara maju seperti yang kita kenal sekarang ini.

Korea Selatan juga adalah negara yang bisa dikatakan "baru merdeka" dibandingkan dengan negara-negara lainnya di kawasan Asia, tapi memiliki tingkat kemajuan yang relatif cepat. Bahkan meskipun masih sering berkonflik dengan Korea Utara, namun Korea Selatan bisa dikatakan tetap fokus pada tujuan untuk menjadi negara yang mampu bersaing dengan negara lainnya.

Ya, Asia Timur hampir maju di segala bidang, mulai dari pendidikan, teknologi, pariwisata, ekonomi sampai militer. Menariknya lagi, di tengah kemajuan perekonomian dan teknologi, Asia Timur tetap mempertahankan kultur budayanya yang juga menjadi daya tarik wisatawan.

Profil Negara Di Asia Timur


1. China


China atau dikenal dengan nama Republik Rakyat China atau Republik Rakyat Tiongkok adalah negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia.

Luas wilayah China sekitar 9.596.961 km2, termasuk negara terluas di dunia.

China sendiri menganut paham komunis dengan bentuk negara republik yang dipimpin oleh kepala negara Presiden dan kepala pemerintahan Perdana Menteri.

Negara yang dijuluki Negeri Tirai Bambu ini beribukota Beijing.

China memiliki bahasa nasional, yaitu Mandarin dan juga mata uang Yuan.

2. Jepang


Jepang memiliki luas wilayah sekitar 377.973 km2 dan beribukota di Tokyo.

Karakteristik Asia Timur, khususnya beberapa wilayah Jepang yang rentan tsunami. Namun meskipun demikian, pertumbuhan ekonomi negara ini terus meningkat.

Bentuk pemerintahan Jepang adalah Monarki Konstitusional yang terdiri dari Kaisar sebagai kepala negara dan Perdana Menteri sebagai kepala pemerintahan.

Jepang menjadi negara dengan kemajuan teknologi dan pendidikan yang sangat pesat.

Selain itu, pariwisata Jepang juga sangat populer dikunjungi di kawasan Asia Timur.

Jepang menggunakan mata uang Yen.

3. Korea Selatan


Korea Selatan adalah negara republik dengan luas wilayah sekitar 99.828 km2.

Korea Selatan menganut sistem Republik Presidensial yang dipimpin oleh presiden dan perdana menteri.

Seperti Jepang, Korea Selatan juga terdepan dalam bidang teknologi. Kemajuan pesat Korsel dalam bidang industri teknologi membuat negara ini memiliki perekonomian yang kuat.

Selain itu, pariwisata Korea Selatan juga memiliki kemajuan yang pesat. Bukan hanya itu, dunia perfilman negara yang memiliki julukan Negeri Ginseng ini juga mendunia.

Korea Selatan menggunakan mata uang Won.

4. Taiwan


Republik Tiongkok atau Taiwan memiliki luas wilayah sekitar 36.188 km2. Taiwan adalah negara yang maju namun dalam hubungan internasional dengan negara-negara lain di dunia, seringkali dihambat oleh Tiongkok.

Bahkan beberapa kali dalam sejarah Taiwan dan Tiongkok sempat memanas.

5. Hong Kong


Sama seperti Makau, Hong Kong adalah wilayah administrasi spesial China yang sering diklasifikasikan sebagai negara di Asia Timur.

Hong Kong (RRT) memiliki luas wilayah sekitar 1.104 km2. Hong Kong terkenal dengan industri wisata yang banyak dijadikan destinasi wisata.

6. Korea Utara


Korea Utara atau Republik Demokratik Rakyat Korea memiliki bentuk pemerintahan negara satu partai.

Luas wilayah Korea Utara sekitar 120.540 km2.

Negara Korea Utara sangat tertutup sehingga tidak banyak informasi yang bisa diperoleh dari negeri yang dipimpin secara otoriter ini.

Lihat juga nama-nama 11 negara di Asia Tenggara dan ibukotanya.

Demikianlah daftar negara-negara di Asia Timur lengkap dengan ibukotanya serta keterangannya. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.