Skip to main content

Daftar Negara Di Benua Amerika Dan Ibukotanya

Daftar Negara Di Benua Amerika Dan Ibukotanya - Benua Eropa adalah benua yang ditemukan pada abad ke-15 oleh Bangsa Eropa. Sejarah penemuan benua Amerika memang cukup menarik dengan tokoh utama Christopher Columbus (1492), seorang berkebangsaan Italia yang mendapat izin Raja Spanyol untuk berlayar mencari rempah-rempah. Nama Amerika sendiri berasal dari nama seorang bangsa Italia bernama Amerigo Verpucci, seorang penulis yang menulis tentang daerah-daerah yang pernah dikunjunginya di Amerika.

Daftar Negara Di Benua Amerika Dan Ibukotanya
Daftar Negara Di Benua Amerika Dan Ibukotanya

Saat ini kawasan benua Amerika dibagi atas beberapa wilayah, yaitu Amerika Utara, Amerika Tengah, Amerika Selatan dan Kepulauan Karibia. Berikut ini daftar negara di benua Amerika dan ibukotanya lengkap dengan profil beberapa negara.

Negara-negara Di Benua Amerika


Nama-nama negara di benua Amerika dan ibukotanya:

Negara Di Amerika Utara

  1. Amerika Serikat Ibukota Washington D.C.
  2. Kanada Ibukota Ottawa
  3. Meksiko Ibukota Mexico City

Negara Di Amerika Tengah

  1. Belize Ibukota Belmopan
  2. Costa Rica Ibukota San Jose
  3. El Savador Ibukota San Salvador
  4. Guatemala Ibukota Guatemala
  5. Honduras Ibukota Tegucigalpa
  6. Nikaragua Ibukota Managua
  7. Panama Ibukota Panama

Negara-negara Di Karibia

  1. Antigua & Barbuda Ibukota St. John's
  2. Bahama Ibukota Nassau
  3. Barbados Ibukota Bridgetown
  4. Dominika Ibukota Rosseau
  5. Grenada Ibukota St. George's
  6. Haiti Ibukota Port Prince
  7. Jamaika Ibukota Kingston
  8. Kuba Ibukota Havana
  9. Republik Dominika Ibukota Santo Dominingo
  10. Saint Kitts & Nevis Ibukota Basseterre
  11. Saint Lucia Ibukota Castries
  12. Saint Vincent & The Grenadines Ibukota Kingstown
  13. Trinidad & Tobago

Negara Di Amerika Selatan


Daftar negara di Amerika Selatan atau Amerika Latin:
  1. Argentina Ibukota Buenos Aires
  2. Brasil Ibukota Brasilia
  3. Bolivia Ibukota La Paz
  4. Cile (Chili) Ibukota Santiago
  5. Ekuador Ibukota Quito
  6. Guyana Ibukota Georgetown
  7. Guyana Prancis Ibukota Kayenne
  8. Kolombia Ibukota Bogota
  9. Paraguay Ibukota Asuncion
  10. Peru Ibukota Lima
  11. Suriname Ibukota Paramaribo
  12. Uruguay Ibukota Montevideo
  13. Venezuela Ibukota Karakas
Selain negara-negara resmi yang diakui oleh PBB, ada juga negara-negara di benua Amerika yang masuk teritorial negara lainnya, disebut juga negara dependen. Contohnya Bermuda, Falkland Islands, Cayman Islands yang dimiliki Inggris, Clipperton Island, French Guyana, Saint Martin dan lain-lain yang dimiliki oleh Prancis.

Greenland yang dimiliki Denmark, Navassa Island, United States Virgin Islands oleh Amerika Serikat, Curacao, Saba, Sint Maarten yang dimiliki Belanda, dan negara-negara dependen lainnya.

Negara Maju Di Amerika


Saat ini hanya ada 2 negara maju di benua Amerika dan berasal dari Amerika Utara, yaitu Amerika Serikat dan Kanada. Selain itu, kebanyakan negara-negara di benua Amerika seperti dari Amerika Selatan atau Latin dan Amerika Tengah masih dalam tahap negara berkembang.

Seperti yang kita ketahui, Amerika Serikat adalah negara adidaya yang kebijakan politik dan ekonominya sangat berpengaruh di dunia. Hampir di segala bidang Amerika Serikat unggul, seperti dalam bidang ekonomi, pendidikan, militer, teknologi dan lain sebagainya.

Sementara Kanada juga memiliki ekonomi yang sangat maju. Beberapa kota terkenal sebagai lokasi industri-industri di Kanada seperti Montreal, Quebec, Ontario, Toronto, dan kota-kota lainnya.

Profil Negara Di Amerika


1. Amerika Serikat


Amerika Serikat bukan hanya negara yang paling berpengaruh di benua Amerika tapi juga di seluruh dunia, baik dari segi ekonomi maupun politik.

Negara yang beribukota di Washington D.C. ini memiliki luas wilayah sekitar 9.529.063 km2. Bentuk pemerintahan Amerika Serikat adalah republik dengan kepala negara dan kepala pemerintahan dipegang oleh presiden.

Amerika Serikat memiliki predikat sebagai negara superpower di dunia. Sejak era perang dingin, Amerika Serikat dan Rusia bersaing dalam berbagai bidang bahkan sampai hari ini. Rusia yang berupaya menyebarkan paham komunis merupakan ancaman tersendiri bagi Amerika Serikat.

Hasil tambang Amerika Serikat sangat melimpah. Seperti minyak bumi, batu bara, belerang, dan lain sebagainya.

Kemajuan Amerika Serikat di bidang perindustrian juga sangat pesat karena didukung oleh hasil tambang dengan teknologi maju dan SDM yang unggul.

Mata uang Amerika Serikat disebut Dollar US.

2. Kanada


Kanada merupakan negara terluas di benua Amerika dengan luas wilayah 9.984.670 km2. Negara yang beribukota di Ottawa ini memiliki bentuk kerajaan konstitusi dengan kepala negara adalah Ratu Inggris yang diwakili oleh gubernur jenderal dan kepala pemerintahan oleh perdana menteri.

Pertanian di Kanada sangat maju, ditandai dengan Kanada sebagai salah satu pengekspor gandum terbesar bagi negara-negara di Eropa.

Kota yang terkenal di Kanada seperti Montreal yang menjadi pusat industri mobil dan galangan kapal, kota Toronto yang menjadi pabrik helikopter dan kota-kota lainnya.

Kanada menggunakan bahasa Inggris dan Prancis serta mata uang Dollar Kanada.

3. Meksiko


Meksiko adalah negara yang terletak di benua Amerika kawasan Amerika Utara dengan luas wilayah sekitar 1.964.375 km2. Negara dengan ibukota Mexico City ini menggunakan bahasa Spanyol.

Meksiko memiliki bentuk pemerintahan republik parlemen demokrasi federal dengan kekuasaan pemerintahan terbagi atas legislatif, eksekutif, dan yudikatif.

Kemajuan industri Meksiko membuat negara ini memiliki pertumbuhan ekonomi yang relatif cepat. Meskiko sejak dulu telah dikenal sebagai penghasil perak terbesar di dunia. Minyak mentah menjadi komoditas ekspor Meksiko.

Meksiko menggunakan mata uang peso Mexico.

4. Brasil


Brasil terletak di kawasan Amerika Selatan (disebut juga Amerika Latin) dengan luas wilayah negara sekitar 8.514.877 km2 dan populasi penduduk lebih dari 200 juta jiwa.

Ibukota Brasil terletak di Brasilia. Kota-kota besar di Brasil lainnya seperti Rio De Janeiro, Sao Paulo dan lain-lain.

Brasil menggunakan bentuk pemerintahan republik dengan kepala negara dan kepala pemerintahan dipegang oleh presiden.

Kemajuan Brasil ditandai dengan lalulintas darat dan udara yang modern.

Untuk komoditas ekspor pertanian dan perkebunan Brasil seperti kopi, kakao, gula, dan lain-lain.

Mata uang Brasil adalah real.

Profil negara-negara di benua Amerika di atas hanya meliputi negara-negara yang menonjol.

Beberapa negara lainnya yang menarik dibahas adalah negara Suriname yang memiliki hubungan dengan suku Jawa, Indonesia.

Venezuela yang beberapa tahun yang lalu mengalami krisis ekonomi juga menjadi perhatian dunia. Inflasi yang tidak terkendali membuat mata uang Venezuela tidak berharga menjadi pelajaran tersendiri bagi negara-negara lainnya di dunia.

Membahas Amerika Latin juga tidak boleh lepas dari dunia sepak bola. Negara-negara yang terkenal dan sering bertanding di piala dunia seperti Argentina, Brasil, Chile, Kolombia, Uruguay. Beberapa pemain bintang datang dari Amerika Latin seperti Diego Maradona, Ronaldo, Ricardo Kaka, Lionel Messi, Neymar, Edison Cavani, dan lain-lain.

Lihat juga Daftar Negara Di Benua Eropa

Demikianlah daftar nama-nama negara di benua Amerika dan ibukotanya lengkap dengan profil dan keterangannya. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.