Skip to main content

Pengertian Pariwisata Dan Tujuan Perjalanan Wisata

Pengertian Pariwisata Dan Tujuan Perjalanan Wisata - Siapa yang tidak suka wisata? Setiap tahunnya, setiap orang pasti memiliki tujuan wisata, paling tidak wisata lokal. Selain untuk mengeksplorasi alam dan budaya, berwisata juga bertujuan untuk menyegarkan pikiran dari berbagai macam kesibukan dunia kerja.

Pengertian Pariwisata Dan Tujuan Perjalanan Wisata
Pengertian Pariwisata Dan Tujuan Perjalanan Wisata

Perjalanan pariwisata sudah dimulai sejak zaman dulu sebagai bagian dari bentuk refreshing. Namun kini, wisata bukan hanya sebagai sarana untuk mendapatkan kepuasan, tapi juga menjadi gaya hidup, bahkan bisnis bagi sebagian orang. Dan itu adalah dambaan sebagian besar orang, berwisata sambil dapat uang. Hhe.. hhe...

Pengertian Parawisata Menurut Para Ahli


Berikut ini beberapa definisi parawisata menurut para ahli lengkap.

Pengertian Pariwisata Menurut Australian Goverment Committee


The 1987 Australian Government Committee Inquiry to Tourism mendefinisikan pariwisata (tourism) ke dalam unsur pasar "the day-trip", yaitu sebagai berikut:

"A tourist" is: a) a person who undertakes travel, for any reason, involving a stay away from his or her usual place of residence for at least one night : or, b) a person who undertakes a pleasure trip involving a stay away from home for at least four hours during daylight, and involving a round distance of at least 50 km".

Definisi Pariwisata Menurut General Tourism Committee


The World Tourism Organisation memberikan definisi tentang Wisatawan (tourist) adalah seorang yang tinggal di suatu negara, tanpa memandang kebangsaannya, melakukan perjalanan ke tempat didalam negara yang bukan merupakan tempat tinggalnya yang biasa, sedikitnya selama 24 jam atau satu malam, untuk suatu tujuan selain mendapatkan penghasilan di tempat yang dikunjunginya.

Menurut WTO menyatakan bahwa Pariwisata adalah suatu kegiatan manusia yang melakukan perjalanan ke dan tinggal di daerah tujuan di luar lingkungan kesehariannya.

Undang-Undang RI No. 9 Tahun 1990


Undang-Undang RI No. 9 Tahun 1990 tentang kepariwisataan, menyatakan bahwa pariwisata adalah kegiatan yang bertujuan menyelenggarakan jasa pariwisata, menyediakan atau mengusahakan obyek dan daya tarik wisata, usaha sarana pariwisata dan usaha lain yang terkait di bidang tersebut.

UU No. 10 Tahun 2009


Pariwisata adalah berbagai macam sebuah kegiatan wisata dan didukung dengan berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan oleh masyarakat, pengusaha, pemerintah dan pemerintah daerah.

Parawisata Menurut Richard Sihite


Richard Sihite menyatakan bahwa Pariwisata adalah sebuah bentuk kegiatan traveling atau perjalanan yang dilakukan dalam jangka waktu pendek atau hanya sementara waktu.

James J. Spillane (1982)


Pariwisata adalah kegiatan untuk melakukan perjalanan dengan tujuan tertentu seperti untuk kesenangan, kepuasan, peningkatan kesehatan, olahraga, tugas, ziarah, dan tujuan berhubungan lainnya.

Mathieson & Wall (1982)


Menyatakan bahwa Pariwisata ialah serangkaian aktivitas yang berupa aktivitas perpindahan orang untuk sementara waktu ke sebuah tujuan di luar tempat tinggal ataupun tempat kerjanya, setiap aktivitas yang dilakukannya selama tinggal di tempat tujuan tersebut dan kemudahan-kemudahan yang disediakan untuk memenuhi suatu kebutuhannya baik selama dalam perjalanan ataupun di lokasi tujuannya.

Parawisata Menurut Koen Meyers (2009)


Pariwisata adalah kegiatan sementara yang terdiri dari tidak tinggal di daerah atau daerah tertentu. Untuk beberapa alasan, jangan tinggal di wilayah yang ingin Anda tinggali dan jangan mencari kehidupan baru. Tetapi hanya bertujuan untuk menghabiskan waktu luang atau liburan dan tujuan lainnya.

Pengertian Parawisata Menurut KBBI


Pariwisata adalah suatu kegiatan yang berhubungan dengan sebuah perjalanan rekreasi; turisme; pelancongan.

Pengertian Pariwisata Secara Etimologi


Dilihat dari asal katanya, Parawisata berasal dari kata Pari dan Wisata. Pari artinya bersama atau berkeliling dan wisata artinya perjalanan.

Jadi, Parawisata adalah suatu aktivitas yang telah direncanakan untuk mengunjungi suatu wilayah yang bukan dari daerah tempat tinggalnya yang menjadi obyek wisata dalam waktu tertentu (singkat) dengan tujuan bersenang-senang atau pun untuk tujuan khusus lainnya, termasuk liburan di luar mencari nafkah.

Namun pengertian parawisata di atas bisa kurang relevan di masa sekarang. Karena saat ini, banyak yang melakukan perjalanan wisata selain untuk liburan juga untuk bekerja. Ya, menjadikan wisata sebagai hobi yang menghasilkan uang.

Daya Tarik Wisata


Daya tarik wisata di sebuah obyek wisata memiliki beragam daya tarik. Umumnya, daya tarik wisata adalah budaya lokal yang unik (seperti tarian daerah, musik, kuliner yang menjadi makanan khas, dll.) dan keindahan alam yang memesona (seperti negeri di atas awan, bukit teletubies, dll.).

Pada dasarnya, daya tarik wisata sebuah obyek wisata karena keunikannya yang beda dari yang lain.

Tujuan Perjalanan Wisata


Apa tujuan perjalan wisata bagi kamu? Mungkin saja wisata untuk liburan dan rekreasi atau hobi yang menghasilkan.

Tujuan utama dari dilakukannya perjalanan wisata adalah untuk pesiar seperti rekreasi, liburan, keagamaan, studi, olahraga, dan lainnya. Namun perjalanan wisata juga dapat bertujuan untuk menghasilkan sesuatu, termasuk uang. Contohnya saja travel blogger, yang berwisata sambil dapat uang dari hobi. Mungkin saja termasuk My Trip My Adventure, yang selain wisata mengeksplorasi alam juga untuk program tv.

Sama halnya tujuan utama dari iklan pariwisata daerah adalah untuk bisnis. Dengan banyaknya wisatawan datang ke obyek wisata daerah, tentu akan sangat berdampak baik pada ekonomi masyarakat sekitar. Seperti menyediakan fasilitas wisata, menjual makanan, cinderamata, dan lain sebagainya.

Ya, seperti yang kita ketahui, dunia pariwisata juga menjadi penyumbang pemasukan negara. Dan memang, pariwisata adalah sebuah ekosistem yang memberikan simbiosis mutualisme, orang ingin menenangkan diri dan bersenang-senang dan pengelola tempat wisata juga mendapatkan retribusi dari wisatawan atau pun bisnis pariwisata lainnya seperti yang disebutkan di atas.

Lihat juga 15 Tempat Wisata di Toraja 2020

Demikianlah pengertian pariwisata menurut para ahli dan tujuan utama dilakukannya perjalanan wisata. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.