Skip to main content

Rumus Rubik 3x3, Cara Menyelesaikan Rubik Yang Berantakan

Rumus Rubik 3x3, Cara Cepat Menyelesaikan Rubik Berantakan - Pernahkah kamu kagum dengan orang yang bisa menyelesaikan rubik dengan cepat dan tepat dalam waktu sepersekian detik? Kalau belum, silahkan lihat di Youtube, banyak kok yang bisa. Bukan hanya rubik 2x2, 3x3, 4x4, berbagai jenis seperti rubik bintang, rubik segitiga pun bisa diselesaikan dengan sangat cepat.

Kabar baiknya, menyelesaikan rubik bukanlah hal yang sulit jika tahu rumusnya. Tapi jika ingin cara cepat menyelesaikan rubik yang berantakan seperti di video-video tersebut, tentu menjadi masalah besar untuk pemula. Tidak perlu terburu-buru dalam belajar dan ingin langsung mahir. Kita mulai dari yang paling mudah, yaitu rubik 3x3 dulu.

Karena itu, saya ingin berbagi cara menyelesaikan rubik 3x3 yang berantakan lengkap dengan rumus dan gambarnya. Pertanyaannya, apakah bisa menyelsaikan rubik tanpa rumus? Tentu bisa, tapi sebaiknya pakai rumus dulu agar tidak pusing.

Rumus Rubik 3x3


Hal pertama yang harus diketahui untuk menyelesaikan rubik adalah rumus rubik 3x3.
  • F = Front (Depan)
  • U = Up (Atas)
  • L = Left (Kiri)
  • R = Right (Kanan)
  • Setiap simbol di atas putarannya searah jaram jam.
  • Jika ada tanda rumus menggunakan tanda aksen (F', U', L', atau R') artinya, putarannya berlawanan arah jarum jam.
  • Jika ada rumus yang tertulis seperti U2, etc, artinya sisi atas diputar 2 kali.
Penjelasan rumus rubik:
  1. Front, artinya sisi depan rubik yang menghadap ke pemain yang bisa diputar ke kiri atau ke kanan.
  2. Up, artinya sisi atas rubik yang bisa diputar ke arah kiri dan kanan. 
  3. Left, artinya sisi kiri rubik yang diputar ke arah depan atau belakang.
  4. Right, artinya sisi kanan rubik yang diputar ke arah depan atau belakang.
  5. Center, tidak termasuk dalam rumus utama tapi sangat penting. Menentukan center yang menjadi patokan saat awal memainkan rubik.

Cara Menyelesaikan Rubik 3x3


Berikut ini cara menyelesaikan rubik 3x3 berdasarkan rumus di atas dengan cepat dan mudah.

1. Langkah pertama adalah menentukan center. Terserah mau pilih center warna apa. Namun dalam tutorial ini, kita memilih center berwarna putih sebagai patokan.

2. Langkah kedua, membuat plus, tanda (+) warna putih tersebut. Ada juga tutorial yang sebut ini cross.

Rumus Rubik 3x3
Rumus Rubik 3x3

3. Langkah ketiga, menyamakan warna center lainnya dengan pola sejajar.

Cara Menyelesaikan Rubik 3x3
Cara Menyelesaikan Rubik 3x3

4. Langkah keempat, mengisi warna putih di setiap sudut tanda plus tadi. Caranya, letakkan warna putih yang masih berantakan di sudut pojok kanan atau kiri atas. Contoh ini kita pasang pojok kanan atas warna putih. Nah, di atas warna putih ada warna merah. Karena itu, kita memutar warna putih di pojok kanan atas tadi ke center warna merah.

Cara Menyelesaikan Rubik Yang Berantakan
Cara Menyelesaikan Rubik Yang Berantakan

Lihat posisi pojok putih dan center merah. Pojok putih di sebelah kanan artinya Front putar ke kiri, Right putar ke atas, dan Front putar kembali ke kanan ke posisi semula kemudian putar kembali Right ke bawah. Intinya semua kembali ke posisi semula.

5. Langkah kelima, kita masuk ke rumus yang pertama.

Bentuk pola warna center semua sama secara vertikal. Kemudian perhatikan warna di sisi atas dari pola vertikal tersebut. Dalam contoh ini, kita mulai dari membuat pola vertikal pada warna jingga. Setelah itu, di atas warna jingga ada warna hijau. Kita perhatikan, apakah center warna hijau ada di kiri atau kanan. Di contoh ini, center hijau ada di warna kiri sehingga rumus putaran rubik kita pakai yang kiri di bawah ini.

Rumus 1

Rumus Rubik 3x3 Pertama
Rumus Rubik 3x3 Pertama

Kiri = U' L U L' U F U' F'
Kanan = U R U' R' U' F' U F

Setelah rumus pertama selesai, maka warna rubik di setiap sisinya pada level 1 dan 2 semua sama dan di bagian sisi bawah semua sama, berwarna putih. Jadi, jangan melangkah ke rumus selanjutnya sebelum level 1 dan 2 warnanya sama.

6. Langkah keenam, kita lanjut menggunakan rumus kedua rubik 3x3.

Rumus 2

Rumus Rubik 3x3 Kedua
Rumus Rubik 3x3 Kedua

F R U R' U' F'

Putar terus sesuai dengan pola di atas sampai hasilnya kita membentuk pola seperti gambar berikut ini. Pastikan mengarahkan pola tersebut ke bawah seperti dengan gambar.

7. Langkah ketujuh, kita menggunakan rumus ketiga.

Rumus 3

Rumus Rubik 3x3 Ketiga
Rumus Rubik 3x3 Ketiga

R U R' U R U2 R'

U2 artinya putar UP sebanyak 2 kali.

Dengan rumus rubik 3 ini, kita telah menyelesaikan bagian UP sehingga semua warna sisinya sama.

8. Langkah delapan, kita menggunakan rumus rubik 3x3 yang ke empat.

Rumus 4

Rumus Rubik 3x3 Keempat
Rumus Rubik 3x3 Keempat

R U2 R' U' R U2 L' U R' U' L

Setelah rumus 4 ini, sudah banyak sisi yang semua warnanya mulai sama. Tinggal beberapa sisi lagi yang masih ada 1 warna yang tertukar.

9. Langkah sembilan, kita menggunakan rumus rubik yang kelima sekaligus yang terakhir.

Rumus 5

Rumus Rubik 3x3 Terakhir
Rumus Rubik 3x3 Terakhir

Kanan = F2 U L R' F2 L' R U F2
Kiri = F2 U' L R' F2 L' R U' F2

Fokus pada satu sisi yang kosong. Misalnya sisi dominan biru. Jika biru yang tersisa di sebelah kanan, maka gunakan rumus kanan di atas. Sebaliknya jika warna yang dicari ada di sisi kiri, gunakan rumus kiri di atas.

Cara Menyelesaikan Rubik Yang Berantakan Tanpa Rumus
Cara Menyelesaikan Rubik Yang Berantakan Tanpa Rumus

Sampai tahap ini, seharusnya rubik yang berantakan tadi sudah tersusun rapi kembali dengan warna keenam sisinya semua sama.

Atau jangan-jangan kamu belum tahu.

Berapa sisi rubik 3x3?

Rubik 3x3 berbentuk kubus dengan jumlah sisi ada 6.

Ini baru rumus rubik 3x3, untuk jenis rubik lainnya, tentu saja rumusnya berbeda.

Menyelesaikan Rubik 3x3 Tanpa Rumus


Mencoba cara menyelesaikan rubik yang sudah berantakan tanpa rumus tentulah hal yang sangat sulit. Otak harus bisa bekerja dengan cepat dan merumuskan warna rubik di suatu sisi jika arah putarannya seperti ini atau itu.

Jika tidak, maka menyelesaikan rubik dengan rumus adalah langkah yang tepat. Bukan apa-apa, awalnya kita hanya perlu menghafal rumus dan memahami setiap arah putaran. Setelah sekian lama berlatih, otak akan secara cepat dan otomatis merumuskan arah putaran yang tepat.

Awal saya tertarik rubik karena saya melihat teman saya yang bisa menyelesaikan rubik 3x3 dengan sangat cepat, kurang dari 10 detik. Katanya, ada rumus yang harus dihafal untuk bisa menyelesaikan rubik yang berantakan tersebut.

Karena rasa penasaran yang tinggi, saya membeli rubik 3x3 di pasar dengan harga Rp25.000 untuk belajar. Mulai dari berbagai website yang menyajikan tutorial rubik saya pelajari dan video di Youtube juga tidak ketinggalan. Sayangnya, banyak sekali yang tutorialnya sulit dipahami.

Sampai saya ketemu salah satu channel Youtube yang sukses menjelaskan rumus rubik 3x3 sampai ke detail hal terkecil. Dengan video ini, saya bisa memahami rumus rubik 3x3 dalam waktu 12 menit.

Bagi kamu yang mencari tutorial yang mudah dipahami untuk pemula, silahkan download video cara menyelesaikan rubik 3x3 dengan cepat berikut ini.

Video Rumus Rubik 3x3 Paling Mudah Dipahami


Apakah memahami rumus rubik itu sulit?

Tidak terlalu sulit, tapi sering lupa. Terlebih jika lama tidak memegang rubik lagi, saya akan lupa rumusnya. Hhe.. hhe...

Paling tidak, rumus rubik 3x3 tidak sesulit rumus Matematika atau Fisika.

Lihat juga Rumus Bangun Datar dan Bangun Ruang + Gambar

Demikianlah rumus rubik 3x3 dan cara cepat menyelesaikan rubik yang berantakan dengan rumus maupun tanpa rumus. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.