Skip to main content

Kunci Jawaban Kartu Prakerja (Pengalaman Mengerjakan Soal Tes Kelas Prakerja)

Kunci Jawaban Kartu Prakerja (Pengalaman Mengerjakan Soal Tes Kelas Prakerja) - Setelah mengikuti serangkaian proses pendaftaran Kartu Prakerja, hari ini saya telah mengikuti satu pelatihan dan lulus serta berhasil mendapatkan sertifikat mengikuti proses pelatihan dan sertifikat lulus ujian dalam bentuk file JPG. Namun sebelum membahas tentang tips dan trik menyelesaikan soal tes Kartu Prakerja, saya jelaskan sedikit tentang Kartu Prakerja.

Kunci Jawaban Kartu Prakerja (Pengalaman Mengerjakan Soal Tes Kelas Prakerja)
Kunci Jawaban Kartu Prakerja (Pengalaman Mengerjakan Soal Tes Kelas Prakerja)

Kartu Prakerja adalah Program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Namun untuk merespon COVID-19, Program diprioritaskan juga bagi pekerja dan pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak.

Entah Kartu Prakerja tepat sasaran atau tidak, nanti kita bahas dari berbagai sudut pandang. Hari ini saya akan berbagi sedikit tentang pengalaman mengikuti tes Kartu Prakerja.

Perlu diketahui, yang saya maksud di postingan ini bukanlah tes dan seleksi pendaftaran: Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar yang memiliki durasi 25 menit dengan 19 soal. Namun tes yang saya maksud adalah tes untuk mendapatkan intensif setelah menyelesaikan pelatihan atau kursus dari lembaga yang terpilih.

Seperti yang kita ketahui, setelah daftar Kartu Prakerja dan diterima, peserta akan langsung mendapatkan dana sebesar Rp1.000.000 yang digunakan untuk membeli Program skill/kursus sesuai dengan minat.

Setelah sukses mengikuti pelatihan yang telah dibeli, kita akan mendapatkan insentif pelatihan sebesari Rp600.000 selama 4 bulan (Total Rp2.400.000), ditambah dengan insentif survei Rp50.000 tiga kali (total Rp150.000) jika mengikuti survei evaluasi.

Terkait dengan biaya pelatihan yang dianggap cukup mahal dan menuai banyak polemik di masyarakat. Belum lagi yang tujuan program yang tidak relevan dengan hasilnya. berikut ini opini pribadi apakah Kartu Prakerja tidak tepat sasaran dalam 5 polemik Kartu Prakerja.

Kunci Jawaban Kartu Prakerja (Pengalaman Mengerjakan Soal Tes Kelas Prakerja)


Saya telah mengikuti salah satu kelas dan berhasil mendapatkan sertifikat pelatihan dan lulus ujian. Dan saya akan bagikan tips dan trik cara menyelesaikan soal tes Kartu Prakerja yang didapatkan pada pertemuan akhir setelah proses pelatihan.

Perlu diketahui bahwa ini bukanlah bocoran soal atau kunci jawaban tes Kartu Prakerja, tapi lebih tepatnya pengalaman mengikuti pelatihan Kartu Prakerja.

Jadi uang 1 juta yang diterima saat berhasil mendaftar Kartu Prakerja digunakan untuk membeli kursus atau pelatihan. Adapun kategori kelas prakerja di Skill Academy, yaitu:
  1. Kelas Prakerja
  2. Kelas Pengembangan Diri
  3. Kelas Pemasaran
  4. Kelas Webinar
  5. Kelas Bisnis dan Keuangan
  6. Kelas Persiapan Tes
  7. Kelas Teknologi dan Software
Saya memilih kursus yang disedikan oleh Skill Academy by Ruangguru tentang Content Marketing. Cocok untuk UMKM, Blogger, Youtuber dan yang ingin mengembangkan skill di bidang marketing, khususnya internet marketing.

Ada 6 jenis kursus yang telah dibeli dan siap untuk diikuti. Setiap topik dari 6 kursus tersebut memiliki durasi sekitar 2 jam-an, yang terdiri dari video-video durasi singkat

Saya pilih satu kursus untuk dikerjakan terlebih dahulu tentang content marketing. Di dalamnya ada sekitar 8 buah video durasi singkat yang harus ditonton untuk bisa mengikuti ujian. Meskipun videonya singkat, namun karena di sini jaringannya kurang stabil, video yang 3 menit biasanya selesai dalam 10 menit. Hha.. hha...

Setelah sikitar setengah hari, semua video berhasil diselesaikan. Saya kemudian mendownload rangkuman pembahasan dari video-video tersebut dalam bentuk file PDF.

Setelah itu, saya siap untuk mengikuti exam atau ujian. Di kursus pertama ini, ada 10 pertanyaan soal pilihan ganda. Setahu saya tidak ada batas waktu untuk mengerjakannya, namun ada waktu pengerjaan soal untuk melihat berapa lama soal bisa diselesaikan.

Soal nomor 1 selesai, klik Selanjutnya untuk menuju ke soal berikutnya. Jika soalnya sulit, bisa next untuk mengerjakan soal yang mudah lebih dulu. Tapi jangan lupa untuk mengerjakannya kembali sebelum menyelesaikan exam agar hasil ujiannya memuaskan.

Ternyata soalnya memang cukup sulit karena menyangkut hal-hal yang teknis. Seperti pengertian Content Marketing menurut ahli, dan lain-lain. Karena tadi saat mengikuti proses pelatihan, kurang fokus karena jaringan yang kurang stabil, menjawab soalnya jadi sulit.

Mau buka video pelatihan kembali, juga susah karena jaringan. Baru ingat ternyata ada rangkuman materi dalam bentuk file PDF tadi. Dengan ini, mengerjakan soal pelatihan Kartu Prakerja jauh lebih mudah.

Setelah sampai di soal yang terakhir dengan durasi pengerjaan sudah lebih dari 5 menit, hp saya nonaktif karena lowbat.

Setelah dicharger kembali, saya login lagi ke Skill Academy untuk melanjutkan ujian yang tertunda. Ternyata proses ujian harus diulangi lagi. Untungnya, soalnya tetap sama sehingga proses pengerjaannya kali ini lebih cepat, hanya sektiar 2 menitan untuk selesaikan Exam.

Hasilnya, saya berhasil mendapatkan sertifikat pelatihan (certificate of completion) dan sertifikat mengikuti ujian (certificate of excellence). Sekarang 1 kelas sudah 100% progressnya.

Tinggal 5 kelas tersisa untuk mengembangkan skill.

Setelah itu, tinggal tunggu insentif pelatihan sebesar Rp600.000 selama 4 bulan. Jangan lupa untuk ikuti survei Keberkerjaan untuk mendapatkan insentif Rp50.000 (akan ada 3 survei).

Jadi, uang yang bisa kamu dapatkan dari Kartu Prakerja ini sebesar Rp2.550.000 untuk keperluan hidup.

Ada soal dan kunci jawaban tes Kartu Prakerja?

Seperti yang saya jelaskan di atas, ini hanya pengalaman mengikuti pelatihan Kartu Prakerja.

Berkaca dari pengalaman, bagi kamu yang ingin mengerjakan ujian Kartu Prakerja, agar memahami dengan baik materi yang disampaikan. Tonton video pelatihan dan pahami dengan baik apa yang disampaikan. Selain itu, download dan siapkan file PDF tersebut sebagai referensi untuk mencari jawaban soal-soal yang diberikan.

Terakhir, sekali lagi ini bukanlah tes dan seleksi pendaftaran Kartu Prakerja tapi ini merupakan ujian diakhir setiap kursus yang telah dibeli.

Perlu diketahui, bahwa untuk menerima insentif pelatihan Kartu Prakerja, kamu harus menyelesaikan pelatihan yang ditandai dengan adanya sertifikat.

Bagi kamu yang belum daftar atau diterima Kartu Prakerja, atau keluarga dan teman kamu yang belum tahu cara mendapatkan Kartu Prakerja, kunjungi cara daftar Kartu Prakerja.

Demikianlah sedikit tentang kunci jawaban kartu prakerja dan pengalaman mengerjakan soal tes Kartu Prakerja. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.