Skip to main content

Gejala Rabies Pada Hewan dan Manusia

Gejala Rabies Pada Hewan dan Manusia - Rabies sangat identik dengan gigitan anjing. Tapi ternyata, penyebab rabies bukan hanya melalui gigitan anjing. Namun harus diakui juga kalau gigitan anjing menjadi salah satu yang paling beresiko menularkan rabies.

Gejala Rabies Pada Hewan dan Manusia
Gejala Rabies Pada Hewan dan Manusia

Karena itu, sangat penting untuk mengetahui ciri-ciri anjing yang terkena rabies dan bagaimana gejalanya. Sesuai dengan topik hari ini, kita akan membahas gejala rabies pada hewan dan manusia.

Apa itu Rabies?


Sebelum masuk ke gejala rabies yang jangan sampai muncul, terutama pada manusia, kita kenalan dulu dengan virus rabies dan cara penularannya.

Selain anjing, hewan yang menyebabkan rabies lainnya juga seperti kucing, kelelawar, rakun, rubah dan lain-lain. Rabies didefinisikan sebagai penyakit yang diakibatkan oleh hewan "gila" dan ditularkan kepada makhluk berdarah dingin (zoonotic).

Cara penularan rabies adalah melalui gigitan, cakaran, atau jilatan di area terbuka oleh hewan yang terinfeksi rabies. Karena itu, sangat penting untuk memberikan pertolongan pertama ketika tergigit hewan yang dicurigai terinfeksi rabies dengan mencuci luka dengan sabun di air yang mengalir.

Menurut penelitian, rabies disebabkan oleh Lyssavirus dari golongan Rhadovirus yang menyerang sistem saraf. Hewan dan manusia yang terinfeksi rabies dapat bisa berakibat pada kematian jika tidak dicegah sejak dini sebelum gejalanya muncul.

Masa inkubasi (masa yang diperlukan dari masuknya virus hinggga gejala muncul) rabies rata-rata muncul sekitar 3-12 minggu setelah tergigit hewan yang terinfeksi virus rabies.

Namun dalam penanganan rabies, tidak perlu tunggu gejala untuk mendapatkan vaksin karena akibatnya sangat berbahaya. Karena itu, setelah tergigit hewan yang punya resiko menularkan rabies, langsung datang ke dokter untuk mendapatkan perawatan.

Sekali lagi, jangan tunggu sampai gejala rabies muncul.

Ciri-ciri Hewan Rabies


Berikut ini beberapa ciri-ciri hewan rabies seperti anjing.
  1. Hewan menunjukkan perubahan perilaku dalam waktu yang singkat seperti ketakutan, agresif atau bisa malah sebaliknya, menjadi sangat bersahabat.
  2. Gejala berikutnya adalah hewan menjadi sensitif terhadap cahaya dan suara.
  3. Hewan menjadi takut air karena susah menelan.
  4. Hewan mengalami kelumpuhan pada otot-otot tenggorokan sehingga sulit menelan yang menyebabkan air liur terus menetes.
  5. Pada akhirnya, virus akan menyerang otot pernapasan sehingga terjadi henti napas yang menyebabkan kematian pada hewan.

Berapa lama anjing rabies hidup?


Jika pada anjing rabies, anjing akan menjadi gila sehingga sering menyerang siapapun yang ditemuinya. Umumnya, setelah menggigit, anjing rabies akan mati dalam waktu kurang dari 2 minggu, umumnya 2 sampai 5 hari.

Karena itu, sangat penting untuk karantina anjing yang telah menggigit manusia untuk diadakan observasi. Jika anjing tersebut mati, maka besar kemungkinan anjing tersebut terinfeksi rabies sehingga orang yang digigit harus mendapatkan vaksin. Namun jangan tunggu anjing selama masa karantina untuk mendapatkan perawatan medis.

Perlu diketahui, umur anjing terkena rabies tidak menjadi penentu, baik anjing kecil atau besar bisa rabies jika tertular hewan terinfeksi rabies.

Digigit anjing yang sudah divaksin pun harus tetap mendapat penanganan medis karena gigitan anjing dapat menyebabkan berbagai penyakit, bukan hanya rabies.

Gejala Rabies Pada Manusia


Berikut ini beberapa gejala rabies pada manusia yang seharusnya bisa dicegah dengan vaksin sehingga jangan sampai timbul.
  1. Gejala awal rabies susah dikenali karena menyerupai penyakit yang umum, seperti flu, sakit kepala dan demam.
  2. Mengalami kelemahan otot, mual dan muntah.
  3. Seiring waktu, dapat terjadi halusinasi, cemas, gelisah dan ketakutan.
  4. Takut terhadap air karena kesulitan menelan. Hal ini terjadi karena otot yang digunakan untuk aktivitas menelan, sudah terserang virus.
  5. Gejala stadium awal sampai perkembangan gejala sulit dibedakan karena terjadi dalam rentang waktu yang cepat.
Setiap orang yang memiliki resiko terinfeksi rabies karena digigit anjing atau hewan lainnya yang bisa menyebabkan rabies, sangat penting untuk segera mendapat penanganan medis tanpa menunggu munculnya gejala.

Salah satu yang penting untuk diketahui adalah masa inkubasi rabies sekitar 3 sampai 12 minggu. Jangan biarkan gejala timbul dengan mendapatkan suntikan vaksin segera jika tergigit hewan seperti anjing. Karena jika gejala berkembang, rabies hampir selalu berakibat fatal.

Lihat juga Apakah rabies bisa sembuh?

Demikianlah gejala rabies pada hewan dan manusia. Semoga bisa menjadi bahan pembelajaran yang bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.