Skip to main content

Daftar Kampus Terbaik di Makassar, Sulawesi Selatan

Daftar Kampus Terbaik di Makassar, Sulawesi Selatan - Menjelang Ujian Nasional tingkat SMA sederajat, salah satu hal yang menarik adalah kampus terbaik. Kali ini, saya ingin membahas seputar kampus-kampus terbaik yang ada di Sulawesi Selatan, khususnya yang ada di Ibukota provinsi, yakni Makassar.

 Universitas Terbaik Sulawesi Selatan UNM Makassar
Universitas Terbaik Sulawesi Selatan UNM Makassar - profesi-unm.com

Apa saja kampus terbaik di Makassar?

Langsung saja, berikut ini daftar Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Makassar, Sulawesi Selatan.

1. Universitas Hasanuddin (UNHAS)


Tidak bisa dipungkiri bahwa UNHAS adalah universitas negeri terbaik di kawasan Indonesia Timur saat ini. UNHAS memiliki 16 Fakultas dan lebih dari 90 jurusan yang siap menampung pelajar-pelajar terbaik.

Bagi kamu yang tertarik kuliah di UNHAS, setidaknya ada 4 jalur masuk ke UNHAS. Yaitu melalui SNMPTN, SBMPTN, jalur mandiri POSK (Prestasi Olahraga, Seni dan Keilmuan) dan jalur JNS (Jalur Non Subsidi).

Biaya kuliah UNHAS berdasarkan jalur masuk. Dengan jalur SNMPTN dan SBMPTN, mahasiswa membayar uang kuliah dengan sistem UKT (Uang Kuliah Tunggal) pada kelompok UKT I, II, III, dan IV.

Sementara jika melalui mandiri POSK (Prestasi Olahraga Seni dan Keilmuan) dan JNS (Jalur Non Subsidi) UKT berada pada kelompok IV dan V.

Sebagai contoh, jika kamu masuk UKT Kelompok I di UNHAS maka biaya kuliah per semesternya berkisar Rp 0 - 500.000. Sementara Rp600.000 - Rp700.000 untuk UKT Kelompok II juga tergantung program studinya.

Lihat juga Daftar Universitas Terbaik Di Sulawesi Selatan

2. Universitas Islam Negeri Alauddin (UIN Alauddin)


Bagi kamu yang tertarik untuk kuliah di Makassar, salah satu universitas yang bisa menjadi pilihan terbaik dengan 8 Fakultasnya adalah UIN Alauddin yang sudah berakreditasi "A" dari BAN PT.

Biaya kuliah UIN Alauddin dibagi menjadi 5 kelompok UKT. Untuk yang masuk kuliah dan berada pada UKT I akan membayar uang kuliah per semester sekitar Rp 0 - Rp400.000.

Oh ya, bagi kamu yang terkendala biaya, kamu tetap bisa untuk kuliah secara gratis dengan mendaftar melalui jalur Bidikmisi. Uang kuliah kamu yang berjumlah Rp2.400.000 per semester akan ditanggung oleh Pemerintah selama semester normal berjalan.

3. Universitas Negeri Makassar (UNM)


Universitas Negeri Makassar atau UNM termasuk salah satu kampus yang masuk daftar telah terakreditasi "A" dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau biasa disingkat BAN PT.

Bagi kamu yang tertarik dengan profesi keguruan, UNM Makassar adalah perguruan tinggi terbaik yang bisa diandalkan.

Di Universitas Negeri Makassar (UNM) terdapat dua jalur penerimaan mahasiswa baru yakni jalur nasional yang terdiri dari SNMPTN dan SBMPTN, dan juga jalur mandiri.

Penetuan biaya kuliah UNM Makassar berdasarkan dengan jalur masuk. Jika melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, maka uang kuliah juga akan lebih murah.

4. Universitas Muslim Indonesia (UMI Makassar)


Universitas Muslim Indonesia Makassar atau biasa disebut UMI Makassar adalah perguruan tinggi swasta terbesar dan terbaik di Indonesia Timur yang juga menjadi satu-satunya PTS yang berhasil mendapatkan akreditasi "A" dari BAN PT di Sulawesi Selatan dan luar pulau Jawa.

Kuliah di UMI Makassar juga ramah dengan kantong mahasiswa. Jika biasanya mahasiswa harus membayar sebelum memprogramkan mata kuliah pada setiap semesternya, di UMI Makassar, uang kuliah bisa diangsur.

5. Universitas Muhammadiyah Makassar (UNISMUH)


UNISMUH Makassar adalah salah satu PTS terbaik di Makassar yang telah berakreditasi "B" dari BAN PT. UNISMUH Makassar sendiri saat ini memiliki 7 Fakultas yang bisa menjadi pilihan siswa-siswi di Sulawesi Selatan.

Untuk masalah biasa kuliah UNISMUH Makassar, ditentukan berdasarkan gelombang pendaftaran 1, 2 dan 3. Biaya kuliah di UNISMUH juga belum menggunakan sistem UKT (Uang Kuliah Tunggal).

Artinya pembayaran uang kuliah semester atau BPP (Biaya Penyelenggaraan Pendidikan) belum termasuk Lab/Praktikum/PPL, KKN/KKP/P2K, Magang, Seminar Proposal/Hasil, Skripsi, Perpustakaan dan Wisuda.

Sementara untuk SPP dibayar hanya sekali dan biasanya saat pertama masuk kuliah.

6. Universitas Atma Jaya Makassar (UAJM)


Universitas Atma Jaya Makassar (UAJM) termasuk salah satu kampus yang direkomendasikan di Makassar. Saat ini, UAJM memiliki 6 Fakultas yang siap menampung pelajar-pelajar yang ingin kuliah di Makassar, Sulawesi Selatan.

Untuk biaya kuliah di Atma Jaya Makassar sudah menggunakan sistem UKT (Uang Kuliah Tunggal). Kelebihan dari sistem UKT adalah semua komponen biaya kuliah sudah dirangkum menjadi satu sehingga tidak ada lagi tagihan untuk biaya pembangunan, gedung, maupun biaya-biaya lainnya yang termasuk dalam sistem UKT.

Hal ini tentu memberikan kelonggaran kepada mahasiswa dalam hal biaya kuliah yang seringkali menjadi penghambat sehingga tidak lanjut kuliah.

Selain biaya kuliah sistem UKT, Universitas Atma Jaya Makassar juga menyediakan sejumlah beasiswa untuk meringankan biaya kuliah seperti biaya PPA dan BBM, Bidikmisi, Beasiswa Djarum Foundation, Beasiswa VDMS dan beasiswa-beasiswa lainnya.

7. Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP)


Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) termasuk masuk sebagai perguruan tinggi terbaik di Makassar. Oleh Kemenristekdikti PNUP pernah (berubah-ubah setiap tahunnya) berada di posisi 192 terbaik.

Politeknik Negeri Ujung Pandang saat ini mengelola 11 program studi D-3 dan 10 program studi S1 terapan yang terfokus pada bidang engineering and business.

Bagi kamu yang tertarik kuliah di PNUP, kamu bisa masuk melalui jalur SNMPTN dengan biaya pendaftaran gratis atau pun melalui jalur SBMPTN dengan biaya pendaftaran Rp200.000.

Saat ini, Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP), bekerja sama dengan Pemerintah maupun swasta untuk menggalang beasiswa bagi mahasiswa. Berikut daftar beasiswa PNUP.
  • Beasiswa dari pemerintah melalui Bidikmisi-Dikti dan PPA,
  • Beasiswa Lippo Group,
  • Beasiswa Ikatan Alumni Teknik Sipil (IKATSI),
  • Beasiswa PEDP ADB,
  • Beasiswa Koma Youth Collaboration,
  • Beasiswa Pemerintah Daerah, dll.
Daftar kampus lainnya yang ada di Makassar dan sekitarnya adalah sebagai berikut.
  1. Universitas Bosowa
  2. Universitas 45 Makassar
  3. Universitas Teknologi Sulawesi
  4. Universitas Fajar (UNIFA)
  5. Universitas Kristen Indonesia Paulus (UKI Paulus)
  6. STMIK Kharisma
  7. Universitas Pepabri Makassar
  8. Universitas Pejuang Republik Indonesia
  9. STAIN PAREPARE
Sebenarnya masih banyak kampus-kampus yang ada di Makassar, Sulawesi Selatan. Namun akan menghabiskan banyak waktu untuk membahas setiap universitas tersebut.

Sebagai gantinya, ternyata perguruan tinggi negeri dan swasta terbaik tidak hanya ada di Makassar. Bagi kamu yang ada di Sulawesi Selatan, baik itu dari daerah Luwu Raya (Luwu Timur, Luwu Utara, Luwu dan Kota Palopo) atau pun Toraja, kamu bisa lihat daftar kampus terbaik di Sulawesi Selatan berikut ini.

Lihat juga Daftar Kampus Terbaik Di Palopo 2020

Demikianlah daftar kampus terbaik di Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia.
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.