Skip to main content

Apakah Rabies Bisa Sembuh?

Apakah Rabies Bisa Sembuh? - Beberapa tahun yang lalu, di desa saya gempar berita tentang rabies. Hal ini karena salah seorang siswa SMP saat itu meninggal dunia setelah tergigit anjing beranak. Entah karena terinfeksi rabies atau lainnya, sejak itu, masyarakat selalu berhati-hati dan langsung mengarahkan setiap orang yang tergigit anjing untuk mendapatkan pelayanan medis, termasuk suntik vaksin.

Apakah Rabies Bisa Sembuh?
Apakah Rabies Bisa Sembuh?

Apakah Rabies Bisa Sembuh?


Penyakit rabies sebenarnya bisa disembuhkan jika ditangani dengan segera sebelum gejalanya muncul. Ya, kabar baiknya rabies bisa dicegah dan disembuhkan jika ditangani dengan cepat dan tepat.

Jadi, jika Anda tergigit oleh hewan yang kemungkinan besar terinfeksi rabies, seperti anjing, maka Anda harus segera membersihkan luka dengan sabun antiseptik dan air mengalir serta segera mencari bantuan medis tanpa menunda-nunda. Jangankan digigit, tergores gigi anjing saja, dicakar atau dijilat di area terbuka seperti luka juga bisa menjadi jalan masuknya virus penyebab rabies ke dalam tubuh manusia.

Jadi, tidak perlu menunda-nunda dengan mencari obat alami rabies dan cara pengobatannya. Karena dengan bantuan medis di Puskesmas atau Rumah Sakit (RS), kita bisa mendapatkan suntik vaksin rabies yang berguna untuk menghindari penyakit rabies. Saat itu, saya dengar kalau harga vaksin rabies untuk manusia sekitar 1 jutaan, tapi belakangan ada juga yang bilang gratis. CMIIW. Sebaiknya langsung tanyakan ke petugas tenaga medis terdekat.

Untuk menyembuhkan penyakit rabies sebelum muncul gejala bisa dengan pemberian vaksin. Medis sudah memiliki aturan penatalaksanaan gigitan anjing, termasuk pengobatan rabies, dosis, batas waktu pemberian vaksin rabies, sehingga setiap yang tergigit anjing tidak perlu khawatir dan segera mencari bantuan ke tenaga medis. Protokol kesehatan ini biasa disebut profilaksis rabies (Alomedika).

Pada intinya, pencegahan lebih penting dari pada pengobatan rabies sehingga harus dilakukan sebelum muncul gejala. Jadi, ketika ada kemungkinan terpapar rabies karena gigitan hewan, segera dapatkan bantuan medis.

Rabies bisa sembuh dan penyebarannya bisa dicegah. Namun jika tidak ditangani dengan segera, ia dapat menyebabkan infeksi yang menyerang sistem saraf dan otak manusia sehingga dapat menyebabkan hal fatal yang berujung kematian.

Lihat juga 5 Penyakit Berbahaya Karena Gigitan Anjing

Demikianlah sedikit penjelasan tentang apakah rabies bisa disembuhkan. Jawabannya bisa dan terbukti dari kasus-kasus yang terjadi beberapa tahun belakangan ini dimana angka kematian karena rabies semakin menurun dari tahun-tahun sebelumnya. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.