Skip to main content

Apakah Gigitan Anak Anjing Berbahaya? Berikut Ulasannya!

Apakah Gigitan Anak Anjing Berbahaya? Berikut Ulasannya! Jangan panik! - Anjing adalah salah satu hewan peliharaan yang populer karena memiliki tingkat kesetiaan yang tinggi terhadap pemiliknya. Namun meskipun demikian, memelihara anjing memiliki resiko tersendiri yang harus menjadi perhatian penting.

Apakah Gigitan Anak Anjing Berbahaya? Berikut Ulasannya!
Apakah Gigitan Anak Anjing Berbahaya? Berikut Ulasannya!

Pasalnya, gigitan anjing selain mengakibatkan luka memar, juga dapat menularkan rabies yang sangat berbahaya dan dapat berakibat fatal.

Apakah Gigitan Anak Anjing Berbahaya?


Saya akan berbagi sedikit pengalaman digigit anak anjing, bukan digigit juga sih, tapi hanya tergores gigi anjing. Jadi, saya punya anak anjing umur sekitar 3 bulanan belum divaksin.

Ketika kami sedang bermain-main, gigi si puppy ini mengenai jari kelingking tangan kanan saya sehingga menyebabkan luka sobek. Tidak terlalu dalam tapi tentu saja rasa khawatir ada, terlebih anak anjing saya ini belum divaksin, ditambah mengingat bahaya rabies yang semua orang sudah tahu.

Pertolongan pertama ketika digigit anjing langsung saya lakukan, yaitu mencuci luka sesegera mungkin dengan air yang mengalir serta sabun sekitar 15 menit. Setelah itu, saya masih melanjutkan mencuci dengan air hangat untuk memastikan luka bersih dari bakteri dan virus.

Setelah pertolongan pertama, tidak ada alasan untuk tidak membawanya ke medis untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Sampai di sana, lengan kiri saya langsung disuntik setelah mendapat penjelasan dari saya terkait anak anjing yang menggigit.

Pada dasarnya, saya tidak digigit anak anjing. Tapi hanya tergores gigi anjing dan anak anjing saya tidak menunjukkan gejala rabies, seperti agresif misalnya. Karena itu, suntikan yang diberikan juga bukan suntikan rabies. Kalau gak salah, suntikan TT. CMIIW.

Apakah tergores gigi anjing berbahaya?


Kesan awalnya ketika tergores gigi anjing adalah apakah saya akan terkena rabies. Eitss, tunggu dulu. Kita kenalan dulu dengan salah satu bahaya gigitan anjing yang paling terkenal, yaitu rabies.

Pada dasarnya, rabies adalah infeksi virus yang disebarkan dari hewan ke manusia melalui air liur. Fakta bahwa air liur menjadi salah satu penyebab rabies mengindikasikan bahwa gigitan anak anjing juga sangat beresiko menularkan rabies, terlebih anjing yang belum divaksin.

Jadi, tergores gigi anjing juga berbahaya, tidak peduli itu anjing kecil atau anjing besar, sama-sama bisa menularkan rabies. Namun hanya dan hanya jika dengan ketentuan anjing tersebut positif rabies. Karena cakaran pun bisa menyebarkan virus rabies.

Jadi, digigit anjing kecil apakah berbahaya?


Ya, gigitan anjing kecil dan luka kecil sekalipun, termasuk tergores gigi anjing bisa menularkan rabies jika anjing tersebut positif rabies. Positif rabies di sini bukan berarti kita harus menunggu anjing tersebut menunjukkan gejala rabies.

Juga tidak perlu menunggu apakah gigitan anjing tersebut beresiko menularkan rabies atau tidak. Jika tergigit anjing, bahkan tergores gigi anak anjing sekalipun, segera berikan pertolongan pertama kemudian bawa ke fasilitas kesehatan untuk mendapatkan penanganan medis.

Karena faktanya, rabies hanya salah satu bahaya dari gigitan anjing. Selain rabies, gigitan hewan liar juga dapat menyebabkan tetanus, sepsis (keracunan darah), dan lain-lainnya.

Jadi intinya, bawa saja ke fasilitas kesehatan. Toh, dokternya juga bilang: "lebih baik mencegah dari pada mengobati".

Pertanyaan terakhir,

Apakah digigit anjing pasti rabies?


Jawabannya tentu tidak. Tidak semua gigitan anjing membawa rabies. Hanya anjing rabies yang bisa menularkan rabies.

Faktanya, penyebab rabies juga bukan hanya karena gigitan anjing. Namun hewan liar seperti kucing, kera, dan beberapa hewan liar lainnya juga memiliki resiko menularkan virus rabies. Tapi fakta melalui penelitian juga menyebutkan bahwa anjing menjadi salah satu penyebab rabies terbesar yang ditularkan melalui gigitan.

Karena itulah, tergigit anjing otomatis langsung kena rabies tidaklah benar. Namun resiko tersebut sangat tinggi, terlebih jika gigitan tersebut berasal dari anjing liar atau pun anjing yang belum divaksin.

Dalam kasus saya yang hanya tergores gigi anjing juga harus disuntik, maka tidak ada salahnya dan sebaiknya kamu memang segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Konsultasi dengan dokter juga dapat memberikan kamu ketenangan sehingga tidak terlalu memikirkan tentang bahaya-bahaya digigit anjing karena sudah mendapat perawatan dan penjelasan dari dokter.

Pertanyaan lainnya:

Apakah anjing yang sudah divaksin masih bisa kena rabies?

Demikianlah sedikit pengalaman dan pertanyaan terkait bahaya gigitan anak anjing dan tergores gigi anjing. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.