Skip to main content

Pengertian Lagu Mars dan Hymne

Pengertian Lagu Mars dan Hymne - Baik mars maupun hymne adalah termasuk atribut atau identitas dari sebuah organisasi, perusahaan atau universitas. Tapi apa sih perbedaan lagu mars dan hymne?

Pengertian Lagu Mars dan Hymne
Pengertian Lagu Mars dan Hymne

Berikut ini sedikit penjelasan tentang pengertian lagu mars dan hymne serta perbedaannya.

Lagu Mars


Apa itu lagu mars?

Musik mars memiliki komposisi musik yang teratur dan kuat. Lagu mars disebut juga Marcia, yaitu bentuk lagu yang umumnya dipakai untuk mengiringi suatu parade atau prosesi.

Awalnya lagu mars diciptakan untuk kalangan militer sebagai lagu dalam mengiringi kegiatan pasukan, seperti pada devile, upacara dan lain sebagainya.

Ragam birama dalam lagu mars seperti 2/4, 4/4, atau 6/8 dengan aksen pada setiap ketukan. Perbedaan lagu mars dengan lagu pada umumnya adalah lagu mars identik memberi semangat, riang, dan menghentak-hentak. Ciri lainnya dari lagu Mars adalah liriknya yang semangat dan temponya yang cepat dan menggebu-gebu.

Contoh lagu mars perjuangan adalah Indonesia Raya, Maju Tak Gentar, Halo-halo Bandung, Mars PGRI, Mars Korpri, termasuk lagu mars universitas dan organisasi.

Lagu Hymne


Apa itu lagu hymne?

Lagu hymne adalah sebuah nyanyian pujian yang disebut juga gita puja. Adapun pujian ditujukan kepada Tuhan atau Dewa yang diagungkan.

Lagu hymne juga disebut puisi yang dinyanyikan. Isi dari lagu hymne adalah untuk menyampaikan harapan dan rasa syukur.

Adapun contoh lagu hymne adalah Syukur, Gugur Bunga, Mengheningkan Cipta, dan lagu-lagu hymne organisasi dan universitas.

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa dilihat perbedaan lagu hymne dan lagu mars. Lagu hymne adalah gita puji dan lagu mars adalah lagu yang semangat.

Demikianlah pengertian lagu mars dan hymne lengkap dengan perbedaannya. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.