Skip to main content

6 Manfaat Membaca dan Mempelajari Alkitab

Manfaat Membaca dan Mempelajari Alkitab - Seringkali kita bertanya-tanya, apa manfaat membaca dan mempelajari Alkitab. Dan jika ada orang Kristen yang bilang kalau mereka ragu-ragu tentang kebenaran Alkitab, itu karena mereka belum baca saja.

Bagaimana mau tahu kalau belum baca? 😑

Alkitab itu "buku kuno" namun tidak pernah ketinggalan zaman dan selalu relevan dengan kehidupan manusia, baik kemarin, hari ini, dan esok sekalipun. Ayat-ayat dalam Alkitab selalu bisa menjelaskan peristiwa di setiap zaman.

Mengapa demikian?

Karena Alkitab itu firman Allah, berisi tentang pengajaran yang benar dan ada manfaat bagi mereka yang membaca dan mempelajarinya.

Dan hari ini kita akan membahas tentang manfaat membaca Alkitab bagi orang percaya.

Manfaat Membaca dan Mempelajari Alkitab


6 Manfaat Membaca dan Mempelajari Alkitab
6 Manfaat Membaca dan Mempelajari Alkitab

Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan, dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. - 2 Timotius 3:16

Berikut ini 6 manfaat membaca dan mempelajari Alkitab yang saya dapat rasakan dan alami.

1. Membaca Firman Tuhan Menjadikan Kita Kuat


Seringkali kita datang kepada Tuhan saat kita lemah. Itu pun kalau kita masih sanggup bangkit. Namun tanpa iman sama sekali, sulit untuk datang kepada Tuhan dengan sepenuh hati sehingga tidak jarang juga, orang yang sedang lemah semakin lemah karena hidup di dalam kebimbangan tanpa pertolongan.

Dengan rajin membaca Alkitab, kita akan semakin kuat dan berpegang teguh kepada firman Tuhan sehingga tidak khawatir. Sekalipun dalam pencobaan, kita pasti punya pengharapan sehingga tidak pernah putus asa dalam menghadapi tantangan kehidupan.

Jadi, bacalah Alkitab sebelum lemah karena ketika lemah akan sulit untuk membaca Alkitab.

2. Menguasai Diri


Orang-orang yang sering bergumul dengan firman Tuhan lebih menguasai dirinya. Mereka dapat mengendalikan emosi sehingga tetap tenang dalam segala situasi, sulit sekalipun.

Ini karena firman Tuhan membentuk kepribadian kita menjadi lebih sabar dan memegang teguh komitmen.

Dan mereka yang menguasai diri tidak tergiur untuk mengambil keputusan yang menguntungkan jika tidak sesuai dengan firman Tuhan, yaitu kebenaran.

3. Menambah Pengetahuan


Berapa banyak informasi keagamaan, khususnya tentang Kristen di luar sana yang beredar di Facebook dan media-media lainnya?

Apakah kamu tahu bahwa informasi itu benar atau tidak?

Jika kamu tidak membaca Alkitab secara menyeluruh maka tentu kamu akan mudah percaya pada teori konspirasi yang terlihat benar namun tidak benar sama sekali.

Dengan membaca Alkitab secara rutin, kamu akan tahu kebenaran dan informasi yang beredar tentang firman Tuhan yang sesungguhnya sehingga lebih mudah menyaring informasi yang benar.

Membaca Alkitab membuat kamu lebih berwawasan dan mengetahui tentang firman Tuhan serta kehendak-Nya.

Akhirnya, kamu tidak diombang-ambingkan oleh rupa-rupa pengajaran, informasi yang sesat dan tidak berguna untuk pertumbuhan iman rohanimu.

4. Menumbuhkan Iman Percaya


Baca informasi begini saja sudah membuatmu ragu-ragu?

Dengar kesaksian seseorang bahwa mereka mendapatkan penglihatan kamu mudah percaya?

Bagus jika itu bermanfaat untuk pertumbuhan imanmu, tapi jika tidak, itu sama halnya dengan "bunuh diri".

Dengan setia dan rajin membaca Alkitab, tentu kamu akan semakin kuat secara iman. Tidak mudah percaya pada pemberitaan yang sesat.

Dengan membaca Alkitab, orang Kristen akan lebih percaya kepada karunia keselamatan melalui Yesus Kristus.

Jika ada orang Kristen yang masih ragu tentang Tuhan Yesus, itu karena mereka belum membaca Alkitab. Atau baca tapi hanya setengah-setengah saja.

5. Membentuk Karakter Berintegritas


Alkitab berisi firman Tuhan yang mendidik dalam kebenaran untuk menyatakan kesalahan dan memperbaiki kelakuan.

Membaca Alkitab akan membentuk karakter berintegritas bagi anak-anak Tuhan. Sehigga mereka tidak akan mengambil keputusan yang merugikan orang lain.

Tidak ada orang yang melakukan kesalahan tanpa rasa bersalah. Pasti, paling tidak ada sedikit saja perasaan tidak enak di hati yang paling kecil ketika melakukan kesalahan.

Namun sayangnya, orang yang tidak berintegritas sering menutup mata hati dan pura-pura sehingga tidak ingin melihat kesalahan dan memperbaiki kelakuannya. Lebih parahnya, ada juga orang yang menimpali kesalahannya dengan alasan-alasan yang "terlihat masuk akal" sehingga seakan-akan hidup seperti itu baik-baik saja.

Dengan rajin membaca Alkitab, integritas orang percaya akan lebih mantap untuk menyatakan dan hidup sesuai dengan firman Tuhan.

6. Mendatangkan Damai Sejahtera

Ada angin sepoi-sepoi saja ragu, kuatir. Bisnis gagal, masalah rumah tangga, pendidikan, hubungan dengan sesama kacau, mudah membuat kita kehilangan kebahagiaan.

Dengan rajin membaca Alkitab dan belajar firman Tuhan, kita akan lebih siap dan tidak kuatir dengan masalah kehidupan.

Hidup dalam ketenangan tanpa kuatir akan mendatangkan damai sejahtera.

Sebenarnya lebih dari 6 manfaat membaca Alkitab. Tapi saya percaya bahwa tempat ini tidak akan cukup untuk menjelaskannya. Dan saya juga percaya bahwa saya tidak akan mampu untuk menjelaskan itu semua.

Dan sekalipun juga saya jelaskan semua manfaat membaca Alkitab di sini, tanpa kamu membacanya sendiri, sulit bagi kamu untuk percaya.

Ada satu hal yang menarik lagi.

Manfaat membaca Alkitab dikaitkan dengan kehidupan orang beriman.

Apakah orang yang rajin membaca Alkitab pasti beriman?

Tergantung. Cara tahunya gimana?

Lihatlah sifat dan cara hidupnya, apakah mereka benar-benar sesuai dengan firman Tuhan.

Tapi tidak perlu mencari-cari alasan. Karena membaca Alkitab adalah kebiasaan yang baik.

Cara Memulai Membaca Alkitab


Hal paling sulit adalah hal yang tidak pernah dimulai. Mulai aja dulu.

Pertama-tama, kita harus menjadikan membaca dan belajar firman Tuhan melalui Alkitab sebagai kebutuhan. Jadikan itu komitmen.

Malas membaca Alkitab?

Ada satu trik menarik yang terbukti ampuh untuk mengatasi kemalasan dan kebiasaan suka menunda-nunda.

Jika memang punya niat membaca Alkitab, namun memiliki kebiasaan suka menunda-nunda, fokus dan lakukan 2 menit pertama dengan penuh perhatian. 2 menit aja cukup, itu waktu yang singkat dan tidak akan membuang waktu Anda. Ambil Alkitab dan bacalah.

Mulai baca Alkitab dari kitab mana?

Tergantung kamu.

Sebaiknya memulai dari kitab Kejadian.

Agar kamu lebih rajin membaca Alkitab, kamu bisa baca per pasal setiap harinya dari 5 kitab. Misalnya 2 kitab dari Perjanjian Lama dan 3 kitab dari Perjanjian Lama.

Atau mulai dari kita Amsal juga tidak ada masalah.

Baca aja dulu dan temukan hal-hal menarik dalam Alkitab sehingga kamu lebih rajin membaca Alkitab dan iman percayamu lebih dikuatkan.

Dan ketahuilah, akan ada masa di mana orang ingin mendengarkan firman Tuhan namun tidak ada lagi. Jadi, temuilah Tuhan selagi Ia berkenan untuk ditemui.

Terakhir, saya pernah mendengar khotbah Kristen yang menginsprasi tentang kesuksesan.

Jangan sampai pertumbuhan finansialmu lebih cepat dari pertumbuhan rohanimu. Itu sangat berbahaya.

Jadi, pastikan mengutamakan pertumbuhan rohanimu dengan cara membaca Alkitab dan belajar firman Tuhan setiap harinya.

Jangan lupa jadi berkat bagi sesama.

Lihat juga 4 Fungsi Alkitab Bagi Orang Kristen

Demikianlah sedikit yang bisa saya bagikan tentang manfaat membaca dan mempelajari Alkitab. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.