Skip to main content

Daftar Istilah Umum Terkait Pandemi Covid-19 (Virus Corona)

Daftar Istilah Umum Terkait Pandemi Covid-19 (Virus Corona) - Dalam mengantisipasi penyebaran virus dan penanganan Covid-19, ada begitu banyak istilah-istilah yang populer belakangan ini. Mulai dari social distancing sampai lockdown. Juga tidak ketinggalan istilah ODP dan PDP, serta kawan-kawannya.

Daftar Istilah Umum Terkait Pandemi Covid-19 (Virus Corona)
Daftar Istilah Umum Terkait Pandemi Covid-19 (Virus Corona)

Apa saja arti istilah-istilah terkait Virus Corona?

Berikut ini penjelasan singkat tentang istilah yang digunakan dalam penanganan Covid-19.

Pandemi


Apa itu pandemi?

Pandemi adalah penyebaran wabah suatu penyakit yang menyerang banyak korban dalam waktu serempak dengan skala dunia secara global.

Selain pandemi, kita juga mengenal istilah epidemi. Perbedaan pandemi dan epidemi terletak pada cakupan penyebarannya. Bisa dikatakan, pandemi adalah epidemi yang meluas.

Covid-19


Covid-19 adalah aktor utama dibalik pandemi.

Covid-19 kepanjangan dari Corona Virus Disease 2019 adalah nama virus yang menjadi pandemi pada tahun 2019. Covid-19 disebabkan oleh virus SARS-CoV2 atau 2019-nCoV yang menyerang sistem pernapasan.

Social Distancing


Social distancing adalah pembatasan sosial dengan menghindari keramaian dengan tujuan menjaga jarak fisik (physical distancing). Dalam mencegah penularan Covid-19, jarak minimal 2 meter cukup optimal.

Awalnya penanganan Covid-19 menggunakan istilah Social Distancing. Namun karena dianggap kurang efektif, WHO mengganti social distancing menjadi physical distancing.

Lockdown


Lockdown adalah istilah karantina wilayah dengan menutup akses masuk dan keluar untuk membatasi pergerakan penduduk dalam suatu wilayah.

Banyak negara telah menerapkan lockdown selama 14 hari. Namun karena virus Corona masih belum bisa diatasi sepenuhnya, maka lockdown diperpanjang sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Di Indonesia sendiri, Pemerintah menetapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) untuk mencegah penularan Corona di Indonesia.

Isolasi


Isolasi adalah langkah memisahkan individu yang terinfeksi dan sakit dari individu yang sehat.

Istilah isolasi erat kaitannya dengan karantina dan memiliki tujuan yang sama.

Sederhananya, perbedaan isolasi dan karantina adalah isolasi untuk orang yang sakit, sementara karantina untuk orang atau kelompok orang yang terpapar penyakit tapi tidak memiliki gejala.

Karantina


Karantina adalah langkah memisahkan dan membatasi pergerakan orang sakit maupun sehat yang diduga memiliki penyakit menular, untuk melihat apakah mereka benar-benar terinfeksi atau tidak. Terkait dengan Covid-19, terdapat 2 jeni karantina yang mungkin dilakukan, yaitu karantina dan karantina mandiri.

OPD (Orang Dalam Pemantauan) 


ODP adalah orang yang memiliki salah satu gejala Covid-19 atau orang yang pernah mengunjungi daerah yang terpapar Covid-19 meskipun tanpa gejala. ODP harus karantina diri di rumah selama 14 hari (karantina mandiri namun diawasi oleh instansi kesehatan setempat).

PDP (Pasien Dalam Pengawasan) 


PDP adalah orang yang memiliki gejala Covid-19 dan harus dirawat inap terisolasi di rumah sakit. PDP pada dasarnya adalah pasien yang perlu mendapatkan pengobatan.

PDP juga erat hubungannya dengan istilah Suspect. Suspect artinya pasien yang memiliki riwayat bepergian ke wilayah yang terinfeksi virus Corona atau yang kontak fisik dengan pasien Corona.

Pasien yang dikategorikan Suspect akan menjalani tes PCR (Polymerase Chain Reaction) dan Genome Sequencing.

Sederhananya, Suspect adalah pasien yang memiliki tingkat lebih tinggi terinfeksi virus Corona.

Positif Corona


Positif Corona adalah orang yang terinfeksi virus Covid-19 dan terbukti secara medis berdasarkan hasil laboratorium.

Disenfektan


Disenfektan adalah bahan kimia yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran kuman penyakit pada benda mati.

Umumnya disenfektan dibuat dari cairan pembersih yang mengandung hidrogen peroksida, creosote, atau alkohol.

Semoga virus Corona segera berlalu. Stay at home, di rumah aja, tetap produktif dan share informasi bermanfaat.

Lihat juga Cara Penularan Virus Corona

Demikianlah daftar istilah umum penting terkait pandemi Covid-19 atau virus Corona. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.