Skip to main content

Apa yang Harus Dilakukan Jika Punya Gejala Covid-19?

Gejala Covid-19 - Saat ini seluruh dunia berusaha melawan Covid-19, tak terkecuali Indonesia. Hal ini karena virus Corona menyebar begitu cepat. Yang awalnya ditemukan di kota Wuhan, Tiongkok, sekarang menyebar ke berbagai penjuru dunia lebih dari 120 negara mengkonfirmasi kasus Corona.

Bahkan saat ini kasus Covid-19 terbesar di dunia berada di Amerika Serikat dengan jumlah penduduk yang terinfeksi tidak kurang dari setengah juta jiwa dan jumlah kematian lebih dari 20 ribu.

Bukan karena virus Corona tidak bisa disembuhkan, tapi karena penularannya yang begitu cepat sehingga membuat negara-negara besar sekalipun sulit untuk menangani pasien Covid-19.

Untuk mengatasi dan mencegah penyebaran virus Corona, salah satu hal yang wajib diwaspadai adalah gejala orang terinfeksi Corona.

Virus Corona tidak pandang bulu. Akibat dari infeksi virus Corona mulai dari kasus pernapasan ringan sampai serius yang menyebabkan sulit bernafas. Bayi, anak-anak, orang dewasa, ibu hamil sampai lansia bisa diserang Corona. Bahkan infeksi virus Corona bisa menyebabkan komplikasi yang serius sampai kematian, terlebih untuk penderita yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah.

Gejala Orang Terinfeksi Virus Corona (Covid-19)


Gejala Orang Terinfeksi Virus Corona (Covid-19)
Gejala Orang Terinfeksi Virus Corona (Covid-19)

Virus Corona sulit terdeteksi karena banyak kasus positif Covid-19 tanpa gejala. Jadi orang yang terlihat sehat pun bisa saja terinfeksi virus Corona.

Namun secara umum, ada gejala-gejala yang yang disebabkan oleh infeksi virus Corona. Seperti:
  1. Flu, pilek dan hidung tersumbat,
  2. Batuk kering,
  3. Sakit tenggorokan,
  4. Lelah dan nyeri otot,
  5. Diare,
Namun gejala yang paling sering ditemukan pada kasus orang yang positif Corona adalah:
  1. Batuk
  2. Demam tinggi di atas 38°C
  3. Sesak nafas.
Gejala Covid-19 muncul dalam waktu 2 hari sampai 2 Minggu setelah terpapar virus Corona, tergantung reseptor dan juga daya tahan tubuh orang yang terinfeksi.

Lihat juga Cara Penularan Virus Corona

Apa yang harus dilakukan saat punya gejala Covid-19?


Pertama-tama, virus Corona adalah musuh bersama. Tidak perlu malu, tidak perlu takut, tidak perlu cemas dijauhi, karena itu adalah untuk kebaikan bersama. Jika Anda sayang keluarga.

Jika Anda punya gejala terinfeksi Covid-19:

Apa yang Harus Dilakukan Jika Punya Gejala Covid-19?
Apa yang Harus Dilakukan Jika Punya Gejala Covid-19?
  1. Segera lakukan isolasi mandiri untuk kasus yang gejalanya ringan. Orang yang dalam status ODP dan PDP akan dipantau oleh tenaga kesehatan setempat,
  2. Pakai masker,
  3. Terapkan social distancing dengan semua orang, termasuk dalam satu rumah,
  4. Hubungi dokter terkait, tenaga medis setempat, atau rumah sakit rujukan yang menangani Covid-19.
Isolasi mandiri untuk kasus yang ringan, termasuk tanpa gejala untuk orang yang bepergian ke tempat terjangkit virus Corona atau berinteraksi dengan orang yang memiliki gejala Covid-19.

Jika kondisi memburuk seperti sesak nafas, segera hubungi rumah sakit rujukan untuk mendapatkan penanganan dan perawatan. (Hotline Covid-19 di 119).

Pastikan lindungi diri Anda dan orang lain, termasuk tenaga medis dengan jujur mengenai gejala yang Anda alami.

Gejala virus Corona muncul dalam waktu 14 hari setelah terpapar virus. Pastikan tetap terapkan physical distancing.

Tetap di rumah aja jika tidak ada keperluan mendesak. Jika ada orang dari luar daerah datang ke kampungmu, khususnya dari daerah yang terpapar virus Corona agar melapor ke Pemerintah setempat untuk dilakukan pengecekan dan pemantauan.

Sampai saat ini belum ada vaksin untuk Corona. Namun kita harus optimis bahwa pasien Covid-19 bisa disembuhkan seperti data yang hari ini kita lihat.

Lihat juga Cara Mencegah Virus Corona

Karena itu, bekerja bersama-sama, kenali gejala Covid-19 dan cegah penularannya agar tidak menyebar. Dan dunia bisa segera pulih dari wabah Corona ini.
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.