Skip to main content

Contoh Laporan PKL (Praktik Kerja Lapangan) di Kantor Pos

Contoh Laporan PKL (Praktik Kerja Lapangan) di Kantor Pos - Bagi yang dulu dari SMK, baik itu otomotif TSM, TKJ, akuntasi, kegiatan PKL atau prakerin bukanlah hal yang asing lagi. Karena itu, menyusun laporan PKL bukanlah masalah lagi, minimal masih ada contoh pdf atau word-nya.

Contoh Laporan PKL (Praktik Kerja Lapangan) di Kantor Pos
Contoh Laporan PKL (Praktik Kerja Lapangan) di Kantor Pos

Namun sebenarnya bukan itu yang utama. Tujuan dari PKL adalah agar siswa SMK atau mahasiswa dapat merasakan realita dunia kerja yang sesungguhnya. Ini sangatlah penting sebagai bekal saat lulus sekolah dan melamar kerja.

Contoh laporan PKL Teknik Informatika


Berikut ini salah satu contoh laporan PKL (Praktik Kerja Lapangan) mahasiswa Teknik Informatika di kantor Pos cabang .

LAPORAN KELOMPOK HASIL KEGIATAN
PRAKTIK DUNIA KERJA (PDK)
PADA KANTOR POS 

LOGO UNIVERSITAS

DISUSUN OLEH:

MAHASISWA1 11111
MAHASISWA2 22222
MAHASISWA2 33333

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK KOMPUTER
UNIVERSITAS 
2020


KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas kasih dan pertolongan-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan tentang "Praktik Dunia Kerja di PT. POS Indonesia Cabang " ini tepat pada waktunya. Tidak lupa juga penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses penyelesaian laporan ini.

Dalam pelaksanaan PDK ini, kami mendapat banyak bantuan serta bimbingan dari berbagai pihak. Karena itu, kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada:

1.  , selaku Pimpinan POS Cabang yang telah memberikan izin kepada kami untuk melaksanakan kegiatan PDK di Kantor POS Cabang sekaligus sebagai pembimbing lapangan.

2.  . selaku ketua Prodi Teknik Informatika, Fakultas Teknik Komputer, Universitas .

3.  , selaku dosen pembimbing PDK.

4. Orang tua kami yang selalu mendukung setiap kegiatan kami.

Semoga laporan ini dapat menjadi salah satu sumber materi yang bermanfaat bagi penulis lain yang ingin mencari informasi tentang praktik dunia kerja, secara khusus berkaitan dengan PT. POS Indonesia.

Dalam penyusunan laporan ini, penulis menyadari bahwa materi yang dibahas masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran untuk kemajuan kita bersama.

Toraja, 15 Februari 2020

Penulis

LEMBAR PENGESAHAN


LOGO UNIVERSITAS


LEMBAR PENGESAHAN 
LAPORAN HASIL KEGIATAN
PRAKTIK DUNIA KERJA (PDK)

Toraja, 15 Februari 2020

Pimpinan Instansi/ Pembimbing Lokasi


Nama

Mahasiswa


Nama

Dosen Pembimbing


Nama

Ketua Prodi Informatika


Nama
NIDN


DAFTAR ISI

Halaman
HALAMAN JUDUL i
HALAMAN PENGESAHAN ii
KATA PENGANTAR iii
DAFTAR ISI iv
DAFTAR GAMBAR v
DAFTAR LAMPIRAN vi
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Kegiatan 1
1.2 Manfaat Kegiatan 2
1.3 Tempat Pelaksanaan Kegiatan 3
BAB II DESKRIPSI KEGIATAN
2.1 Tinjauan Konseptual 4
2.2 Sejarah Singkat tentang Lokasi PDK 5
2.3 Kaitan Kegiatan dalam Bidang Keprofesian 6
2.4 Pembahasan 8
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan 10
3.2 Saran 10
BIODATA 11
DAFTAR HADIR 15
URAIAN KEGIATAN 16
DOKUMENTASI KEGIATAN 22
DAFTAR PUSTAKA 28
LAMPIRAN 29

DAFTAR GAMBAR
Halaman
Gambar 1. Penerimaan Mahasiswa PDK 22
Gambar 2. Antar Paket dan Surat 22
Gambar 3. Melayani Pembayaran Pelanggan 23
Gambar 4. Otentikasi Taspen 23
Gambar 5. Melayani Pengiriman Paket 24
Gambar 6. Sortir Paket dan Surat 25
Gambar 7. Sortir Paket dan Surat 25
Gambar 8. Istirahat Siang 25
Gambar 9. Resi Paket 26
Gambar 10. Pelepasan Mahasiswa PDK 26
Gambar 11. Pelepasan Mahasiswa PDK Oleh Dosen Pembimbing 27

DAFTAR LAMPIRAN
Halaman
Lampiran 1. Lembar Penilaian 29
Lampiran 2. Lembar Penilaian Mahasiswa 1 30
Lampiran 3. Lembar Penilaian Mahasiswa 2 31
Lampiran 4. Lembar Penilaian Mahasiswa 3 32
Lampiran 5. Lembar Penilaian Mahasiswa 4 33

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Kegiatan

Pembelajaran merupakan suatu proses pengembangan potensi dan pembangunan karakter setiap orang. Mahasiswa sebagai calon pekerja keprofesian dituntut untuk dapat mengaplikasikan ilmunya di dunia kerja.

Namun pada kenyataan di dunia kerja, proses perkuliahan yang terjadi di kampus masih dinilai kurang dalam membentuk kepribadian mahasiswa, baik dari segi spiritual maupun sosial. Masih banyak mahasiswa yang tidak siap menghadapi dunia kerja karena ilmu yang didapatkan di kampus tidak relevan lagi dengan pertumbuhan dan perkembangan yang cepat berubah, secara khusus di bidang teknologi informasi.

Guna mengatasi masalah tersebut, kurikulum pendidikan di kampus dibuat sedemikian rupa mengikuti perkembangan zaman. Perguruan tinggi menyusun program pembelajaran yang dapat mensinergikan antara pendidikan yang berlangsung di kampus, keluarga dan masyarakat.
Salah satu program tersebut dinamakan Praktik Dunia Kerja (PDK) yang juga menjadi mata kuliah wajib mahasiswa Teknik Informatika di Universitas. Mahasiswa Teknik Informatika pada semester 6 memprogramkan mata kuliah Praktik Dunia Kerja. Pada mata kuliah ini, mahasiswa diwajibkan untuk mencari tempat PDK di perusahaan/instansi, baik negeri maupun swasta.

Kami sebagai mahasiswa Teknik Informatika semester 6 di Universitas, berjumlah 4 orang juga mengajukan permohonan untuk melakukan praktik di PT. POS Indonesia (Persero) untuk memenuhi mata kuliah PDK. Tepatnya di PT. POS Indonesia Cabang . Proses PDK di kantor POS Cabang berlangsung pada tanggal 3 Januari 2020 sampai 7 Februari 2020.

Alasan kami memilih PT. POS Indonesia sebagai tempat PDK adalah untuk menambah pengetahuan tentang manajemen yang terjadi di POS. Terlebih untuk mengetahui proses bisnis dan persaingan jasa pengiriman paket yang semakin hari semakin banyak yang lahir. Dan bagaimana PT. POS Indonesia sebagai BUMN bisa terus eksis sampai hari ini.

1.2 Manfaat Kegiatan

Adapun manfaat dari kegiatan Praktik Dunia Kerja (PDK) ini adalah sebagai berikut.

1. Bagi Praktikan

a. Mengaplikasikan pengetahuan menjadi keterampilan yang berguna di saat praktik.
b. Memenuhi salah satu syarat kelulusan bagi mahasiswa S1 Teknik Informatika, Fakultas Teknik Komputer, Universitas .
c. Belajar mengenal dinamika dan kondisi nyata dunia kerja.
d. Mengembangkan ilmu dan potensi pengetahuan serta mendapatkan wawasan yang baru.
e. Membentuk karakter mahasiswa dari segi spiritual, personal dan sosial.

2. Bagi Universitas

a. Memperkenalkan kualitas mahasiswa Universitas Fakultas Teknik Informatika kepada instansi baik pemerintah maupun swasta.
b. Menjadi bahan evaluasi bagi kampus untuk menyempurnakan kualitas kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan di dunia kerja secara umum.
c. Membuka peluang kerja sama antara instansi dengan universitas.

3. Bagi PT. POS Indonesia Cabang

a. Terjalinnya hubungan yang teratur, sehat dan dinamis antara instansi/perusahaan dengan lembaga pendidikan, serta menumbuhkan
hubungan kerjasama yang saling menguntungkan dan bermanfaat.
b. Mendapatkan bantuan untuk menyelesaikan pekerjaan yang belum sempat dikerjakan sebelumnya.
c. Memungkinkan adanya kerja sama yang teratur dan dinamis antara instansi, baik pemerintah maupun swasta, dengan perguruan tinggi di waktu yang akan datang.
d. Perusahaan/instansi dapat mengidentifikasi kualitas yang dimiliki oleh lulusan untuk perekrutan dengan menilai mahasiswa magang.

1.3 Tempat Pelaksanaan Kegiatan

Tempat pelaksanaan Praktik Dunia Kerja (PDK) yaitu sebagai berikut:

Nama instansi : PT. POS Indonesia Cabang
Alamat : Jl. Trans Sulawesi KM. 54 No. Kode Pos
Telepon : 081111
Website : https://www.posindonesia.co.id
Waktu pelaksanaan Praktik Dunia Kerja (PDK) berlangsung pada tanggal 3 Januari 2020 sampai dengan 7 Februari 2020. Hari kerja praktikan adalah dari Senin-Sabtu dengan jam kerja 08.00-15.00 WITA.

BAB II
DESKRIPSI KEGIATAN

2.1 Tinjauan Konseptual

a. Praktik Dunia Kerja

Praktik Dunia Kerja (PDK) adalah salah satu mata kuliah wajib di prodi Informatika, Fakultas Teknik Komputer, Universitas dengan bobot 4 sks. Bagi mahasiswa Teknik Informatika periode tahun ajaran 2019-2020, PDK semester ini adalah PDK yang ke delapan.

Kegiatan PDK dilaksanakan selama kurang lebih 6 minggu di setiap instansi yang telah dipilih oleh mahasiswa yang mengikuti PDK. Proses PDK diawali dengan mahasiswa membentuk tim dan mencari lokasi PDK.

Tahap ini dikenal dengan istilah tahap survei lapangan oleh mahasiswa. Pada tahap ini, mahasiswa diberi kesempatan untuk mencari lokasi PDK sendiri. Apabila mahasiswa tidak berhasil menemukan lokasi PDK sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan, maka panitia PDK akan menentukan lokasi PDK mahasiswa tersebut.

Setelah mahasiswa menemukan lokasi PDK yang siap untuk melaksanakan kegiatan PDK, maka kampus akan menyurati instansi tersebut dengan merekomendasikan mahasiswanya. Setelah itu, instansi akan membalas surat tersebut jika bersedia menerima mahasiswa PDK.

Tahap selanjutnya adalah tahap persiapan mahasiswa memasuki PDK. Di sini kampus dan panitiamelakukan pembekalan kepada semua peserta PDK sekaligus acara pelepasan mahasiswa PDK.

Setelah itu, mahasiswa akan diantar ke lokasi PDK masing-masing oleh dosen pembimbing. Setelah proses PDK selesai, mahasiswa akan dijemput oleh pembimbing kembali ke kampus. Terakhir mahasiswa membuat laporan hasil kegiatan PDK kemudian melakukan presentasi di hadapan dosen pembimbing dan mahasiswa lainnya.

Tujuan utama dari (Praktik Dunia Kerja) PDK adalah agar mahasiswa lebih memahami tentang dunia kerja secara nyata. Selain itu, PDK juga bertujuan untuk membentuk kepribadian mahasiswa dalam proses menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.

b. Syarat Peserta PDK

Adapun syarat peserta praktik dunia kerja adalah sebagai berikut.

1. Peserta PDK adalah mahasiswa aktif semester 6 Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Komputer, Universitas .
2. Telah melulusi 90 sks.
3. Telah menginput KRS dan memprogramkan mata kuliah PDK.

2.2 Sejarah Singkat tentang Lokasi PDK

Sejarah mencatat keberadaan Pos Indonesia begitu panjang, Kantor Pos pertama didirikan di Batavia (sekarang Jakarta) oleh Gubernur Jenderal G.W Baron van Imhoff pada tanggal 26 Agustus 1746 dengan tujuan untuk lebih menjamin keamanan surat-surat penduduk, terutama bagi mereka yang berdagang dari kantor-kantor di luar Jawa dan bagi mereka yang datang dari dan pergi ke Negeri Belanda. Sejak itulah pelayanan pos telah lahir mengemban peran dan fungsi pelayanan kepada publik.Setelah Kantorpos Batavia didirikan, maka empat tahun kemudian didirikan Kantorpos Semarang untuk mengadakan perhubungan pos yang teratur antara kedua tempat itu dan untuk mempercepat pengirimannya. Rute perjalanan pos kala itu ialah melalui Karawang, Cirebon dan Pekalongan.

Pos Indonesia telah beberapa kali mengalami perubahan status mulai dari Jawatan PTT (Post, Telegraph dan Telephone). Badan usaha yang dipimpin oleh seorang Kepala Jawatan ini operasinya tidak bersifat komersial dan fungsinya lebih diarahkan untuk mengadakan pelayanan publik. Perkembangan terus terjadi hingga statusnya menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel). Mengamati perkembangan zaman dimana sektor pos dan telekomunikasi berkembang sangat pesat, maka pada tahun 1965 berganti menjadi Perusahaan Negara Pos dan Giro (PN Pos dan Giro), dan pada tahun 1978 berubah menjadi Perum Pos dan Giro yang sejak ini ditegaskan sebagai badan usaha tunggal dalam menyelenggarakan dinas pos dan giropos baik untuk hubungan dalam maupun luar negeri. Selama 17 tahun berstatus Perum, maka pada Juni 1995 berubah menjadi Perseroan Terbatas dengan nama PT Pos Indonesia (Persero).

Dengan berjalannya waktu, Pos Indonesia kini telah mampu menunjukkan kreatifitasnya dalam pengembangan bidang perposan Indonesia dengan memanfaatkan insfrastruktur jejaring yang dimilikinya yang mencapai sekitar 24 ribu titik layanan yang menjangkau 100 persen kota/kabupaten, hampir 100 persen kecamatan dan 42 persen kelurahan/desa, dan 940 lokasi transmigrasi terpencil di Indonesia. Seiring dengan perkembangan informasi, komunikasi dan teknologi, jejaring Pos Indonesia sudah memiliki lebih dari 3.800 Kantor pos online, serta dilengkapi electronic mobile pos di beberapa kota besar. Semua titik merupakan rantai yang terhubung satu sama lain secara solid & terintegrasi. Sistem Kode Pos diciptakan untuk mempermudah proses kiriman pos dimana tiap jengkal daerah di Indonesia mampu diidentifikasi dengan akurat.

2.3 Kaitan Kegiatan dengan Bidang Keprofesian

Pos Indonesia merupakan sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia yang bergerak di bidang layanan Pos. Saat ini, bentuk badan usaha Pos Indonesia merupakan perseroan terbatas dan sering disebut dengan PT. Pos Indonesia. Bentuk usaha Pos Indonesia ini berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1995. Peraturan Pemerintah tersebut berisi tentang pengalihan bentuk awal Pos Indonesia yang berupa perusahaan umum (perum) menjadi sebuah perusahaan (persero).

PT. Pos Indonesia mempunyai tugas pokok menyelenggarakan jasa Pos dan giro untuk umum dalam dan luar negeri yang meliputi jasa Pos, jasa giro, jasa keuangan, jasa logistik, dan jasa keagenan serta usaha-uasaha lain yang menunjang jas Pos dan giro sesuai dengan peraturan dan perundang- undangan yang berlaku.

Dalam memenuhi tanggung jawab sesuai dengan visi dan misi Pos Indonesia tersebut, tentu tidak bisa lepas dari pemanfaatan teknologi informasi. PT. Pos Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 1746 ini juga terus mengalami perubahan dan perkembangan.

Setiap pegawai Pos Indonesia juga memanfaatkan teknologi dalam pelaksanaan tugasnya. Seperti penggunaan komputer, software dan aplikasi android dalam melayani pelanggan.

a. Tugas Kepala Kantor Pos Cabang

1. Memimpin kantor cabang.
2. Bertanggung jawab terhadap Manajer PKC (Pengawasan Kantor Cabang) terkait transaksi kantor Pos cabang secara harian, mingguan, dan bulanan.
3. Bertanggung jawab atas seluruh hal yang berkaitan dengan kedinasan.
4. Memberi laporan mengenai kinerja, laba atau rugi perusahaan yang dipimpinnya kepada atasan yang lebih tinggi.
5. Memberikan arahan kepada bawahan mengenai hal-hal yang bersifat kedinasan.
6. Memberikan hukuman disiplin tingkat ringan berupa teguran, lisan, tulisan dan peringatan tidak puas.

b. Tugas Kurir Antaran

Tugas-tugas yang dilakukan oleh petugas antaran diantaranya adalah menyortir surat yang akan dikirimkan, mengantarkan surat ke alamat yang dituju, mengantarkan paket Pos dan mengantarkan wesel. Melakukan proses delivery order dan mengubah status antaran pada akhir dinas sehingga status kiriman dapat dilihat oleh penerima atau pengirim surat paket.

Praktek Dunia Kerja (PDK) di kantor Pos pada awalnya terlihat tidak terlalu cocok dengan bidang Teknik Informatika. Namun seiring berjalannya waktu, kami menyadari bahwa Pos Indonesia erat kaitannya dengan Teknik Informatika. Pos Indonesia juga memanfaatkan teknologi terbaru dalam melayani pelanggannya. Sebut saja aplikasi Pospay yang menjadi aplikasi PPOB di Pos, aplikasi Taspen berbasis android untuk otentikasi pensiunan yang akan menerima gaji dan lain sebagainya.

Bahkan banyak hal-hal baru yang bisa kami pelajari ketika PDK di Pos. Mulai dari manajemen bisnis sampai yang jauh lebih penting adalah pelayanan masyarakat. Pelayanan terhadap konsumen jugalah yang membuat Pos Indonesia terus bersaing sampai pada hari ini. Melalui kemampuan komunikasi dan sosialisasi yang baik, banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan dengan baik.

c. Visi dan Misi PT. Pos Indonesia

1) Visi
Menjadi pilihan utama layanan logistik dan jasa keuangan.

2) Misi
a) Memberikan solusi layanan logistik e-commerce yang kompetitif.
b) Menjalankan fungsi designated operator secara profesional dan kompetitif.
c) Memberikan solusi jasa layanan keuangan terintegrasi yang kompetitif dalam rangka mendukung financial inclusion berbasis digital.
d) Memberikan solusi layanan dokumentasi dan otentikasi digital yang kompetitif.

2.4 Pembahasan

1. Sortir paket dan surat

Sortir paket dan surat adalah kegiatan untuk mengelompokkan paket dan surat berdasarkan lokasi pengantaran yang akan dituju. Jadi, paket dan surat yang lokasinya sama akan disusun ke dalam satu kelompok. Begitu pun dengan paket dan surat yang lainnya.
Proses sortir paket dan surat membutuhkan manajemen yang baik agar kurir di lapangan tidak mengalami kesulitan dalam mengantarkan paket.

2. Antar paket dan surat

Setelah proses sortir dan surat selesai, maka selanjutnya akan diantarkan ke tujuan. Setiap hari paket dan surat yang datang harus segera diantarkan agar tidak menumpuk di gudang. Paket atau surat yang tidak memiliki tujuan yang jelas akan dikembalikan ke pengirim. Namun kasus seperti ini jarang ditemukan.

3. Melayani pengiriman paket dan pengambilan paket

Proses pengiriman paket di kantor Pos dimulai dengan menimbang paket yang akan dikirim. Setelah itu, identitas paket seperti pengirim, tujuan, berat kiriman dan isi paket akan diisi melalui aplikasi MLO (Mail and Logistic) Agenpos.

Setelah itu, jumlah biaya pengiriman akan otomatis proses.
Sementara untuk pengambilan paket langsung di Pos, biasa terjadi jika paket tersebut merupakan paket jumbo yang tidak memungkinkan untuk dikirim pada hari itu. Beberapa pelanggan juga datang ke Pos untuk mengecek paketnya. Jika paket tersebut belum ada di gudang, maka akan dilakukan tracking paket untuk mengetahui posisi paket. Proses tracking paket bisa dilakukan melalui website https://www.posindonesia.co.id/id/tracking/ dan memasukkan nomor resi kiriman.

4. Aplikasi Pospay untuk bayar tagihan dan angsuran

Pospay adalah aplikasi pembayaran PPOB (Payment Poin Online Bank) berbasis komputer desktop yang melayani pembayaran tagihan dan angsuran seperti listrik, Telco, Pajak, PDAM, Multi Finance, Asuransi, dll.

Setiap transaksi melalui aplikasi Pospay akan menghasilkan slip resi berwarna kuning dan putih. Warna kuning akan dijadikan arsip di Pos sedangkan warna putih untuk pelanggan yang akan dibubuhi stempel Pos yang dapat berfungsi sebagai bukti pembayaran.

5. Aplikasi Taspen untuk otentikasi pensiunan yang akan menerima gaji

Di Pos Indonesia juga menggunakan aplikasi yang disediakan oleh PT. Taspen (Persero), yaitu aplikasi Taspen Otentikasi. PT. Taspen mewajibkan proses otentikasi secara berkala untuk menyatakan bahwa dirinya (PNS) masih hidup melalui pengesahan di aplikasi Taspen.
Aplikasi Taspen untuk melakukan otentikasi secara rutin bisa diunduh secara gratis di situs Taspen.co.id atau Google Play (Taspen Otentikasi).

Adapun langkah-langkah menggunakan di Taspen Otentikasi adalah sebagai berikut.

a. Buka aplikasi Taspen Otentikasi yang telah didownload.
b. Ketikkan nomor keanggotaan pribadi (Notas).
c. Untuk otentikasi suara, ucapkan angka-angka yang tertera di layar aplikasi.
d. Untuk otentikasi wajah, tempatkan wajah Anda di kotak pada aplikasi.
e. Untuk otentikasi sidik jari, tempatkan satu jari Anda di kotak pada aplikasi.
f. Aplikasi akan memberikan pernyataan ‘Otentikasi Berhasil’ jika peserta bisa memberikan setidaknya dua data biometrik yang berhasil dikenali oleh sistem. Pernyataan tersebut berarti Anda telah memenuhi kewajiban melakukan otentikasi berkala untuk menyatakan diri masih hidup dan manfaat pensiun bisa tetap didapatkan hingga masa otentikasi berikutnya.

Sementara pensiunan yang tidak bisa hadir melakukan otentikasi karena lanjut usia dan sakit, akan didatangi ke kediamannya untuk dilakukan sidik jari di surat kuasa agar penerimaan gaji diwakilkan.

BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Dalam pelaksanaan Praktik Dunia Kerja (PDK) selama kurang lebih 4 Minggu di PT. Pos Indonesia (Persero), kami mendapatkan berbagai pengetahuan baru. Mulai dari manajemen bisnis sampai kepada pelayanan publik. Bekal tersebut sangat bermanfaat dalam menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.

Selain itu, PT. Pos Indonesia juga ikut bekerja sama dengan badan-badan usaha lainnya bagi para pelanggan, misalnya untuk membayar pajak, telepon, PDAM, BPJS, Pembayaran angsuran Multi Finance, dan lain sebagainya.

Kantor Pos Cabang diawasi oleh Kantor Pos Pemeriksa (KPRK) . Karena itu, Kepala Pos Cabang bertanggung jawab terhadap PKC .

3.2 Saran

Adapun saran-saran yang dapat kami berikan selama PDK di Pos Indonesia adalah:

1. Memberikan reward dan punishment kepada pegawai sesuai dengan kinerjanya.
2. Meningkatkan manajemen pelayanan pelanggan dengan menambah karyawan yang bisa membantu mengerjakan pekerjaan Kepala Cabang.
3. Mengefektifkan penggunaan kertas bagi pensiunan yang ingin terima gaji terkait dengan fotokopy karip dan KTP.
4. Agar kurir lebih cermat dalam memanajemen pengiriman paket dan surat prioritas.
5. Agar kurir lebih hati-hati dalam mengarsipkan resi.
6. Kepada pengirim paket atau surat untuk menyertakan alamat lengkap dan nomor hp agar kurir tidak kesulitan dalam mengantarkan kiriman.

URAIAN KEGIATAN

Hari/Tanggal
Jenis Kegiatan
Selasa
07/01/2020
Pengenalan
Rabu
08 /01/2020
1. Sortir paket dan surat.
2. Antar paket dan surat
Kamis, 09/01/2020
1. Sortir paket dan surat
2. Antar paket dan surat
Jumat, 10/01/2020
1. Sortir paket dan surat
2. Antar paket dan surat
Sabtu, 11/01/2020
1. Sortir paket dan surat
2. Antar paket dan surat
3. Cek resi kiriman
Senin, 13/01/2020
1. Sortir paket dan surat
2. Antar paket dan surat
3. Melayani pengambilan surat dan paket
4. Melayani pengiriman surat dan paket
Selasa
14/01/2020
1. Sortir paket dan surat
2. Antar paket dan surat
3. Melayani pengambilan surat dan paket
4. Melayani pengiriman surat dan paket
Rabu,
15/01/2020
1. Sortir paket dan surat
2. Antar paket dan surat
3. Melayani pengambilan surat dan paket
4. Cek resi kiriman
5. Setor uang ke bank
Kamis, 16/01/2020
1. Sortir paket dan surat
2. Antar paket dan surat
3. Melayani pengambilan surat dan paket
4. Cek resi kiriman
Jumat, 17/01/2020
1. Sortir paket dan surat
2. Melayani pembelian materai
3. Stempel pembayaran listrik, PDAM, BPJS, angsuran finance, dll.
4. Sortir paket dan paket
5. Melayani pengiriman surat dan paket
Sabtu, 18/01/2020
1. Sortir paket dan surat
2. Melayani pembelian materai
3. Stempel pembayaran listrik, PDAM, BPJS, angsuran finance, dll.
4. Melayani pengambilan surat dan paket
5. Melayani pengiriman surat dan paket
6. Setor uang ke bank
Senin, 20/01/2020
1. Sortir paket dan surat
2. Melayani pembelian materai
3. Stempel pembayaran listrik, PDAM, BPJS, angsuran finance, dll.
4. Melayani pengambilan surat dan paket
5. Cek resi kiriman
6. Update Aplikasi
Selasa
21/01/2020
1. Sortir paket dan surat
2. Melayani pembelian materai
3. Stempel pembayaran listrik, PDAM, BPJS, angsuran finance, dll.
4. Melayani pengambilan surat dan paket
5. Melayani pengiriman surat dan paket
6. Update Aplikasi
Rabu,
22/01/2020
1. Sortir paket dan surat
2. Melayani pembelian materai
3. Stempel pembayaran listrik, PDAM, BPJS, angsuran finance, dll.
4. Melayani pengambilan surat dan paket
5. Melayani pengiriman surat dan paket
Kamis, 23/01/2020
1. Sortir paket dan surat
2. Melayani pembelian materai
3. Stempel pembayaran listrik, PDAM, BPJS, angsuran finance, dll.
4. Melayani pengambilan surat dan paket
5. Cek resi kiriman
Jumat, 24/01/2020
1. Sortir paket dan surat
2. Melayani pembelian materai
3. Stempel pembayaran listrik, PDAM, BPJS, angsuran finance, dll.
4. Melayani pengambilan surat dan paket
5. Setor uang ke bank
Sabtu, 25/01/2020
Libur hari raya
Senin, 27/01/2020
1. Sortir paket dan surat
2. Melayani pembelian materai
3. Stempel pembayaran listrik, PDAM, BPJS, angsuran finance, dll.
4. Melayani pengambilan surat dan paket
5. Melayani pengiriman surat dan paket
Selasa
28/01/2020
1. Sortir paket dan surat
2. Melayani pembelian materai
3. Stempel pembayaran listrik, PDAM, BPJS, angsuran finance, dll.
4. Melayani pengambilan surat dan paket
5. Sortir jenis pensiunan (Veteran, TNI, PNS)
6. Setor uang ke bank
Rabu,
29/01/2020
1. Sortir paket dan surat
2. Melayani pembelian materai
3. Stempel pembayaran listrik, PDAM, BPJS, angsuran finance, dll.
4. Melayani pengambilan surat dan paket
5. Sortir jenis pensiunan (Veteran, TNI, PNS)
Kamis, 30/01/2020
1. Sortir paket dan surat
2. Melayani pembelian materai
3. Stempel pembayaran listrik, PDAM, BPJS, angsuran finance, dll.
4. Melayani pengambilan surat dan paket
5. Mengisi form pengambilan gaji untuk pensiunan
Jumat, 31/01/2020
1. Sortir paket dan surat
2. Melayani pembelian materai
3. Stempel pembayaran listrik, PDAM, BPJS, angsuran finance, dll.
4. Melayani pengambilan surat dan paket
5. Mengisi form pengambilan gaji untuk pensiunan
6. Setor uang ke bank
Sabtu, 01/02/2020
1. Sortir paket dan surat
2. Melayani pembelian materai
3. Stempel pembayaran listrik, PDAM, BPJS, angsuran finance, dll.
4. Melayani pengambilan surat dan paket
5. Melayani pensiun otentikasi Taspen
6. Cek resi kiriman
Senin, 03/02/2020
1. Sortir paket dan surat
2. Melayani pembelian materai
3. Stempel pembayaran listrik, PDAM, BPJS, angsuran finance, dll.
4. Melayani pengambilan surat dan paket
5. Melayani pensiun otentikasi Taspen
Selasa
04/02/2020
1. Sortir paket dan surat
2. Melayani pembelian materai
3. Stempel pembayaran listrik, PDAM, BPJS, angsuran finance, dll.
4. Melayani pengambilan surat dan paket
5. Melayani pensiun otentikasi Taspen
Rabu,
05/02/2020
1. Sortir paket dan surat
2. Melayani pembelian materai
3. Stempel pembayaran listrik, PDAM, BPJS, angsuran finance, dll.
4. Melayani pengambilan surat dan paket
5. Melayani pensiun otentikasi Taspen
6. Cek resi kiriman
Kamis, 06/02/2020
1. Sortir paket dan surat
2. Melayani pembelian materai
3. Stempel pembayaran listrik, PDAM, BPJS, angsuran finance, dll.
4. Melayani pengambilan surat dan paket
5. Melayani pensiun otentikasi Taspen
Jumat, 07/02/2020
1. Sortir paket dan surat
2. Melayani pembelian materai
3. Stempel pembayaran listrik, PDAM, BPJS, angsuran finance, dll.
4. Melayani pengambilan surat dan paket
5. Melayani pensiun otentikasi Taspen
Sabtu, 08/02/2020
1. Sortir paket dan surat
2. Melayani pembelian materai
3. Stempel pembayaran listrik, PDAM, BPJS, angsuran pensiun dll.
4. Melayani pengambilan surat dan paket
5. Melayani pensiun otentikasi Taspen
Senin, 10/02/2020
1. Sortir paket dan surat
2. Melayani pembelian materai
3. Stempel pembayaran listrik, PDAM, BPJS, angsuran pensiun dll.
4. Melayani pengambilan surat dan paket
5. Melayani pensiun otentikasi Taspen
6. Mengunjungi pensiunan yang lanjut usia untuk otentikasi Taspen
Selasa
11/02/2020
1. Sortir paket dan surat
2. Melayani pembelian materai
3. Stempel pembayaran listrik, PDAM, BPJS, angsuran pensiun dll.
4. Melayani pengambilan surat dan paket
5. Melayani pensiun otentikasi Taspen
6. Mengunjungi pensiunan yang lanjut usia untuk otentikasi Taspen
Rabu
12/02/2020
1. Sortir paket dan surat
2. Melayani pembelian materai
3. Stempel pembayaran listrik, PDAM, BPJS, angsuran pensiun dll.
4. Melayani pengambilan surat dan paket
5. Melayani pensiun otentikasi Taspen
Kamis, 13/02/2020
1. Sortir paket dan surat
2. Melayani pembelian materai
3. Stempel pembayaran listrik, PDAM, BPJS, angsuran pensiun dll.
4. Melayani pengambilan surat dan paket
5. Melayani pensiun otentikasi Taspen
6. Penarikan

IDENTITAS MAHASISWA

IDENTITAS MAHASISWA 1

1. Nama lengkap : Nama
2. NIM : 12345
3. Jenis kelamin : Laki-laki
4. Tempat/ Tanggal Lahir : Toraja, 1 Januari 1997
5. Program Studi : Informatika
6. Fakultas : Teknik Komputer
7. Agama : Katolik
8. Alamat mahasiswa : Desa, Kec. Makale, Kab. Toraja Utara
9. Telepon/HP : 081111
10. Dosen pembimbing :

Toraja, 15 Februari 2020

Mahasiswa,


Nama
NIM:

IDENTITAS MAHASISWA 2

1. Nama lengkap : Nama
2. NIM : 12345
3. Jenis kelamin : Laki-laki
4. Tempat/ Tanggal Lahir : Toraja, 1 Januari 1997
5. Program Studi : Informatika
6. Fakultas : Teknik Komputer
7. Agama : Katolik
8. Alamat mahasiswa : Desa, Kec. Makale, Kab. Toraja Utara
9. Telepon/HP : 081111
10. Dosen pembimbing :

Toraja, 15 Februari 2020

Mahasiswa,


Nama
NIM:

Daftar Hadir

DOKUMENTASI KEGIATAN

Gambar 1. Penerimaan Mahasiswa PDK
Gambar 2. Antar Paket dan Surat
Gambar 3. Melayani Pembayaran Pelanggan
Gambar 4. Otentikasi Taspen
Gambar 5. Melayani Pengiriman Paket
Gambar 6. Sortir Paket dan Surat
Gambar 7. Sortir Paket dan Surat
Gambar 8. Istirahat Siang
Gambar 9. Resi Paket
Gambar 10. Pelepasan Mahasiswa PDK
Gambar 11. Pelepasan Mahasiswa PDK Oleh Dosen Pembimbing

DAFTAR PUSTAKA

https://www.bumn.go.id/posindonesia/halaman/1/ (Diakses 25 Februari 2020)
https://www.posindonesia.co.id/id/content/12/ (Diakses 25 Februari 2020)
https://www.id.m.wikipedia.org/wiki/Pos_Indonesia (Diakses 25 Februari 2020)

LAMPIRAN PENILAIAN MAHASISWA

Lampiran 1 Lembar Penilaian Mahasiswa 1
Lampiran 1 Lembar Penilaian Mahasiswa 2

Selama proses PKL di kantor POS, mahasiswa sebaiknya mengadakan penelitian sesuai dengan jurusannya. Terutama untuk jurusan Teknik Informatika, ada banyak proyek yang bisa dibuat selama proses praktik kerja lapangan.

Namun dalam kegiatan PKL yang kami lakukan kali ini, hanya mengikuti operasional kantor. Selain karena waktu yang terbatas, juga sulitnya manajemen anggota karena kesibukan masing-masing.

Laporan PKL ini akan dipresentasikan kembali di hadapan dosen pembimbing, dkk.

Lihat juga Contoh Laporan Kegiatan Pameran

Demikianlah contoh laporan PKL (Praktik Kerja Lapangan) Teknik Informatika di Kantor Pos. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.