Skip to main content

Cara Penularan Virus Corona yang Penting untuk Diketahui - Info Covid-19

Cara penularan virus Corona yang penting untuk diketahui. Desember 2019, terjadi wabah di Wuhan, Tiongkok. Penyakit ini disebabkan oleh virus SARS-CoV2 atau 2019-nCoV yang saat ini kita dengan nama Covid-19 (Corona Virus Disease 2019).

Diperkirakan, virus ini awalnya ditemukan pada hewan (kelelawar), tetapi sekarang menyebar dari orang ke orang secara jarak dekat melalui droplet, yaitu percikan dari saluran pernapasan ketika seseorang yang positif Corona batuk atau bersin.

Dalam waktu singkat, virus Corona kemudian menyebar ke berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Melihat dampak penularannya dan korban yang ditimbulkan, virus Corona kemudian ditetapkan sebagai pandemi yang menjadi musuh seluruh dunia.

Begitu cepat penularannya, virus Corona saat ini (12 April 2020 di situs resmi Pemerintah Indonesia terkait Covid-19), telah terkonfirmasi 1.783.941 kasus di seluruh dunia dengan jumlah yang sembuh 405.972 dan meninggal dunia 109.312.

Sementara kasus di Indonesia terkonfirmasi 4.241 dengan jumlah sembuh 359 dan meninggal dunia 373.

Melihat jumlah kasusnya di seluruh dunia dan penularannya yang begitu cepat, maka penting untuk mengetahui cara efektif mencegah Covid-19 agar tidak tertular.

Cara Penularan Virus Corona yang Umum Terjadi


Berikut ini beberapa cara penularan virus Corona yang umum terjadi agar dapat dihindari.

Cara Penularan Virus Corona yang Penting untuk Diketahui
Cara Penularan Virus Corona yang Penting untuk Diketahui

Menurut WHO (World Health Organization) atau badan kesehatan dunia penyebaran virus Corona melalui droplet.

Droplet (percikan) berasal dari saluran pernafasan ketika penderita bersin, batuk, atau berbicara. Cairan yang mengandung virus Covid-19 akan menular ketika dihirup.

Kontak langsung dengan benda terpapar Covid-19 seperti kenop pintu, ponsel, tombol lift, keyboard, dan permukaan benda di tempat umum, lalu menyentuh mata, hidung, dan mulut tanpa mencuci tangan dengan sabun juga dapat menularkan virus Corona.

Kontak fisik dengan penderita Covid-19, seperti jabat tangan atau pun tenaga medis yang merawat pasien juga bisa tertular virus Corona. Karena itulah, sangat penting untuk melindungi tenaga medis, sebagai garda terdepan yang langsung bersentuhan dengan Corona agar diperlengkapi dengan APD (Alat Perlindungan Diri) yang memadai.

Mengapa Penting untuk Menerapkan Social Distancing?


Virus Corona menyebar melalui droplet, yaitu percikan dari hidung atau mulut orang yang positif Corona ketika batuk atau bersin. Ketika cairan tersebut terhirup, disaat itulah virus Corona menular.

Selain itu, tetesan tersebut jika terkena permukaan benda, kemudian disentuh oleh orang tanpa mencuci tangan dengan sabun kemudian menyentuh mata, hidung atau mulut, maka orang yang sehat tersebut juga dapat terinfeksi virus Corona.

Untuk mengatasi penularan virus Corona, WHO mengingatkan pentingnya menjaga jarak atau dikenal dengan social distancing/ physical distancing. Selain itu, sangat dihimbau bagi orang yang sakit untuk menggunakan masker agar tidak menularkan penyakit ke orang yang sehat.

Sampai saat ini, belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa virus Corona dapat menyebar melalui udara (airbone). Namun beberapa sumber juga menyebutkan bahwa virus ini dapat bertahan di udara selama beberapa waktu. Karena itu, saat ini sangat penting menggunakan masker ketika beraktivitas di luar ruangan.

Mencegah Penularan Virus Corona di Indonesia


Untuk mencegah penularan virus Corona, Pemerintah Indonesia menetapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Kebijakan ini berbeda dengan beberapa negara yang menetapkan lockdown.

Apakah kebijakan PSBB tepat?

Banyak pendapat di luar sana tentang mengapa tidak lockdown saja.

Namun saat ini, opini pribadi saya, kebijakan Pemerintah menetapkan PSBB adalah yang terbaik. Hal ini tentu telah dipertimbangkan sebaik mungkin dari berbagai sisi dan sudut pandang.

Kalau lockdown selama 14 hari pun, tidak ada jaminan bahwa virus Corona akan berhenti menyebar. Jika hal ini terjadi, tentu lockdown akan diperpanjang sampai batas waktu yang belum ditentukan yang tentunya cukup beresiko.

Karena itulah, menurut saya menerapkan PSBB sudah tepat. Semoga saja PSBB sukses menekan penyebaran virus Corona di Indonesia dan bisa segera pulih.

Mari bersama-sama, satu visi dan strategi melawan Corona agar virus ini segera berlalu.

Lihat juga Gejala Covid-19

Demikianlah cara penularan virus Corona yang penting untuk diketahui untuk menekan penularan Covid-19. Stay at home, di rumah aja.
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.