Skip to main content

Cara Menulis Not Angka Lagu di Komputer Menggunakan Font Parnumation

Cara Menulis Not Angka Lagu di Komputer Menggunakan Font Parnumation 3.0 - Pernahkah kamu berpikir bagaimana cara menulis not angka atau partitur sebuah lagu di komputer? Ternyata menulis not angka lagu di komputer itu mudah jika menggunakan font Parnumation.

Apa itu Parnumation?

Cara Menulis Not Angka Lagu di Komputer Menggunakan Font Parnumation
Cara Menulis Not Angka Lagu di Komputer Menggunakan Font Parnumation

Parnumation (pargodungan numbered noattion) adalah font khusus yang dibuat dengan tujuan memudahkan menulis not angka di komputer. Sama seperti font-font lainnya di komputer, font Parnumation juga dibuat dengan aplikasi pembuat font gratis yang terkenal mudah digunakan, yaitu High Logic FontCreator.

Menurut pembuat font Parnumation, Rikardo Ladesman Lumban Tobing, font ini terinspirasi dari font untuk musik Jawa bernama KepatihanPro sehingga memiliki kemiripan.

Adapun font Parnumation dibuat dengan tujuan untuk memenuhi tugas-tugas menulis not angka sebuah lagu di komputer dengan cepat dan mudah.

Bagaimana Cara Menulis Not Angka di Komputer?

  1. Silahkan download font Parnumation 3.0 di Google (Ukuran 43,5 KB). Banyak kok yang membagikan font khusus penulis partitur ini secara gratis sesuai dengan maksud pembuatnya.
  2. Setelah terdownload, klik 2 kali font Parnumation 3.0 kemudian klik install.
  3. Setelah terinstall, silahkan buka aplikasi Microsoft Word 2010 atau versi yang kamu punya dan cari font Parnumation di menu Home pada jenis-jenis font.

Link di atas adalah link untuk download font Parnumation free yang bisa digunakan untuk menulis not angka di Microsoft Word.

Oh ya, perlu diketahui bahwa font Parnumation khusus untuk font not angka. Untuk menulis lirik lagu, kamu bisa menggunakan font standar Times New Roman atau Calibri.

Sebelum menggunakan font Parnumation untuk menulis partitur lagu, sebaiknya kamu baca dulu panduan penggunaan font Parnumation yang telah disusun oleh pembuat font itu sendiri.

Cara Menulis Not Angka Menggunakan Font Parnumation


Cara Menulis Not Angka Menggunakan Font Parnumation
Cara Menulis Not Angka Menggunakan Font Parnumation
  1. Angka 1-7 melambangkan do re mi fa sol la si ditulis sesuai dengan tombol keyboard tanpa kombinasi.
  2. Untuk memasukkan nada rendah gunakan tombol kombinasi 8 + 1 hasilnya nada do rendah. 8 + 2 untuk nada re rendah. 8 + 3 untuk nada mi rendah, dst.
  3. Untuk memasukkan nada tinggi, gunakan tombol kombinasi Shift + 1 hasilnya nada do tinggi. Shift + 2 untuk nada re tinggi, Shift + 3 untuk nada mi tinggi, dst.
  4. Untuk memasukkan not setengah nada lebih rendah atau tinggi, bisa menggunakan tanda / atau \. Misalnya / + 2, dan lainnya.
Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat penjelasan cara menggunakan font Parnumation 3.0 untuk menulis not angka di komputer berikut ini.

Keterangan:
  1. Pastikan Caps Lock keyboard tidak menyala.
  2. Pastikan kamu teliti karena ada kalanya nada akan berubah setelah spasi. Hal ini disebabkan oleh Change Case di word.
  3. Jika terjadi kesalahan penulisan not angka, gunakan CTRL + Z untuk undo.
Awalnya mungkin akan kesulitan. Karena itu, sering-seringlah menggunakan font Parnumation 3.0 agar lebih mudah beradaptasi.

Lihat juga Cara Membuat Font Sendiri Pakai High Logic FontCreator

Demikianlah cara menggunakan font Parnumation 3.0, font khusus untuk menulis partitur musik not angka sebuah lagu di komputer pada Microsoft Word 2010. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.