Skip to main content

8 Cara Mencegah Virus Corona Agar Tidak Tertular - Info Covid-19

Penularan yang begitu cepat dan dampak yang ditimbulkan membuat WHO menetapkan virus Corona sebagai pandemi. Pandemi Covid-19 yang telah menginfeksi lebih dari 1.7 juta jiwa (12 April 2020, situs Resmi Pemerintah) di berbagai negara di dunia, termasuk di Indonesia, membuat seluruh dunia aware terhadap virus Corona.

8 Cara Mencegah Virus Corona Agar Tidak Tertular - Info Covid-19
8 Cara Mencegah Virus Corona Agar Tidak Tertular - Info Covid-19

Berbagai kebijakan dan protokol kesehatan ditetapkan untuk mencegah virus Corona agar tidak menyebar. Setiap negara mengimbau warganya untuk menerapkan social distancing dan menggunakan masker. Beberapa negara menerapkan lockdown dan karantina wilayah untuk memutus penyebaran virus Corona.

Di Indonesia, Pemerintah menetapkan PSBB untuk mencegah penularan virus Corona dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Saat ini, DKI Jakarta menjadi provinsi pertama yang menerapkan aturan PSBB yang artinya pembatasan sosial berskala besar ditetapkan.

Namun kebijakan seperti apapun yang ditetapkan oleh Pemerintah, tanpa perhatian dan kesadaran masyarakat, maka penyebaran virus Corona akan sulit ditekan.

Satu-satunya cara mencegah penyebaran virus Corona adalah dengan memperhatikan setiap protokol kesehatan yang ditetapkan Pemerintah dan WHO. Satu visi dan startegi melawan Covid-19.

Berikut ini beberapa cara pencegahan penularan virus Corona yang efektif bagi setiap individu agar diperhatikan.

Menggunakan Masker


Seperti yang kita ketahui, Covid-19 adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Karena itu, sangat penting untuk menggunakan masker ketika beraktivitas, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Saat ini, ada 2 jenis masker yang umum digunakan untuk mencegah penularan Covid-19, yaitu masker bedah dan masker N95 yang direkomendasikan. Namun masker jenis N95 ini sulit ditemukan dan harganya mahal.

Sebagai alternatif, kita bisa menggunakan masker kain yang dilapisi tisu agar lebih optimal dalam mencegah penyebaran virus.

Menggunakan masker adalah salah satu cara sederhana menghindari virus Corona sekaligus melindungi orang lain dari penyakit. Terlebih karena virus ini menyerang sistem pernapasan.

Ketika bersin dan bantuk, pastikan tutup dengan menggunakan siku bagian dalam
karena tangan paling sering menyentuh benda yang mana dapat menularkan virus dan bakteri.

Menerapakan Physical Distancing


Menerapkan physical distancing menjadi kunci untuk mencegah penularan virus Corona. Oh ya, awalnya istilah jaga jarak ini dinamakan social distancing. Namun kemudian diganti oleh WHO menjadi physical distancing karena lebih efektif dalam mengkampanyekan jaga jarak fisik.

Physical distancing adalah pembatasan sosial secara fisik dengan menghindari keramaian dengan tujuan menjaga jarak fisik (physical distancing). Dalam mencegah penularan Covid-19, jarak minimal 2 meter cukup optimal.

Stay at home, di rumah aja jika tidak ada keperluan mendesak.

Sering Mencuci Tangan


Tangan adalah sarang kuman dan bakteri karena paling sering bersentuhan dengan permukaan benda. Mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir selama 20 detik dapat membunuh kuman dan virus.

Karena itu, sangat penting mencuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer untuk mencegah penularan virus Corona. Satu lagi, saat ini hindari berjabat tangan secara langsung.

Informasi dari teman saya yang saat ini sedang bekerja menggunakan APD, di perbatasan, cuci tangan adalah hal yang wajib dilakukan dan itu sangat sering dilakukan.

Hindari Menyentuh Wajah


Meskipun penyebaran virus Corona terjadi secara droplet, namun orang juga bisa terjangkit tanpa menghirup droplet tersebut, yaitu ketika tersentuh.

Tangan adalah yang paling sering bersentuhan dengan permukaan benda. Karena itu, hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut, baik ketika beraktivitas di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Semprot Disenfektan di Tempat Umum


Di tengah pandemi Covid-19, penyemprotan disenfektan rutin digelar karena dapat mencegah penularan virus Corona.

Untuk itu penting menyemprot disenfektan di tempat umum, terlebih di permukaan benda yang sering disentuh tangan. Seperti gagang pintu, tombol, keran air, dan lain sebagainya.

Menjaga Daya Tahan Tubuh


Meskipun penyebarannya tidak terkendali, virus Corona dapat disembuhkan. Namun kita juga harus waspada karena virus Corona lebih mudah menyerang orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Karena itu sangat penting menjaga daya tahan tubuh tetap kuat dengan mengkomsumsi makanan sehat, sayuran dan buah-buahan, olahraga dan istirahat yang cukup.

Tapi ada satu masalah baru yang muncul. Saat ini penyebaran virus Corona semakin tidak terdeteksi. Hal ini karena banyak kasus positif Covid-19 tanpa gejala. Jadi, pastikan untuk menjaga jarak sekalipun dengan orang-orang yang terlihat sehat.

Work From Home


Work from home atau bekerja dari rumah menjadi pilihan yang tepat saat ini. Bekerja dan belajar dari rumah, termasuk beribadah sesuai dengan imbauan Pemerintah.

Dengan menghindari keramaian, penularan virus Corona dapat dicegah sehingga wabah ini dapat segera berlalu.

Pemerintah di beberapa wilayah Indonesia yang terdampak Virus Corona dengan status zona merah memberlakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) untuk memperkuat work from home.

Beberapa negara menerapkan lockdown. Lockdown adalah istilah karantina wilayah dengan menutup akses masuk dan keluar untuk membatasi pergerakan penduduk dalam suatu wilayah.

Namun lockdown tidak cocok diterapkan di Indonesia sehingga diberlakukan PSBB yang dapat mencegah penularan virus Corona dalam suatu wilayah atau dari suatu wilayah ke wilayah lainnya secara lebih efektif.

Hindari Bepergian ke Daerah Terjangkit Corona


Di tengah merebaknya virus Covid-19, penting untuk melindungi diri dan keluarga dengan cara tidak bepergian ke negara atau wilayah yang terjangkit virus Corona.

Itulah beberapa cara mencegah virus Corona agar tidak tertular, baik untuk individu maupun kelompok individu. Mari bersama-sama, bersatu dan menjalankan visi dan stategi yang ditetapkan Pemerintah agar penularan virus Corona dapat dicegah.

Karena virus Corona tidak dapat dicegah oleh individu, bahkan Pemerintah sekalipun jika tidak didukung masyarakat. Tapi semua orang di dunia ini harus terlibat dalam penanganan Covid-19. Paling tidak dengan diam di rumah dan tetap produktif dengan bekerja dari rumah untuk yang memungkinkan.

Mari kenali istilah umum terkait pandemi Covid-19.

Demikianlah cara mencegah virus Corona agar tidak tertular. Bekerja bersama adalah cara pencegahan yang terbaik untuk menghentikan Covid-19. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.