Skip to main content

Ayat Alkitab tentang Pernikahan Agar Terhindar dari Perceraian

Ayat Alkitab tentang Pernikahan - Menemukan pasangan hidup dan dipersatukan dalam pernikahan kudus adalah dambaan banyak orang. Pernikahan adalah suatu momen bahagia yang mana setiap pasangan mengharapkan hanya sekali seumur hidup.

Ayat Alkitab tentang Pernikahan Agar Terhindar dari Perceraian
Ayat Alkitab tentang Pernikahan Agar Terhindar dari Perceraian

Dalam rumah tangga Kristen, cinta dan kasih sayang adalah landasan berkeluarga. Tuhan ingin supaya kita hidup di dalam kasih setia terhadap suami/isteri sesuai dengan janji pernikahan. Seperti firman Tuhan: apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.

Keluarga Kristen harus hidup sesuai dengan firman Tuhan dan hidup dalam kasih seorang akan yang lain. Dengan demikian, perceraian dijauhkan dari rumah tangga Kristen.

Ayat Alkitab tentang Pernikahan Agar Terhindar dari Perceraian


Berikut ini beberapa ayat Alkitab tentang pernikahan agar terhindar dari perceraian.

Kejadian 2:25
Mereka keduanya telanjang, manusia dan isterinya itu, tetapi mereka tidak merasa malu.

Dalam konteks pernikahan, ayat Alkitab dari Kejadian di atas sangat bermakna bagi keluarga Kristen. Kata telanjang bisa diartikan sebagai keterbukaan dan kejujuran antara suami dan isteri.

Matius 19:5-6
5 Dan firman-Nya: Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging.
6 Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.

Markus 10:7-9
7 Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya,
8 sehingga keduanya itu menjadi satu daging. Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu.
9 Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.

Dalam rumah tangga Kristen, memegang teguh komitmen pernikahan adalah cara terbaik menghindari perceraian.

2 Korintus 13:11
Akhirnya, saudara-saudaraku, bersukacitalah, usahakanlah dirimu supaya sempurna. Terimalah segala nasihatku! Sehati sepikirlah kamu, dan hiduplah dalam damai sejahtera; maka Allah, sumber kasih dan damai sejahtera akan menyertai kamu.

Kolose 3:14-15
14 Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan.
15 Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah.

Efesus 4:2-3
2 Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu.
3 Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera.

Efesus 5:33
Bagaimanapun juga, bagi kamu masing-masing berlaku: kasihilah isterimu seperti dirimu sendiri dan isteri hendaklah menghormati suaminya.

1 Korintus 7:3
Hendaklah suami memenuhi kewajibannya terhadap isterinya, demikian pula isteri terhadap suaminya.

Efesus 4:2-3
Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu.
Dan berusahalah kamu memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera.

Efesus 5:22-33
Hai isteri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan,
karena suami adalah kepala isteri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh.

Efesus 5:31
Sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging.

1 Korintus 7:12-15
Kepada orang-orang lain aku, bukan Tuhan, katakan: kalau ada seorang saudara beristerikan seorang yang tidak beriman dan perempuan itu mau hidup bersama-sama dengan dia, janganlah saudara itu menceraikan dia.
Dan kalau ada seorang isteri bersuamikan seorang yang tidak beriman dan laki-laki itu hidup bersama-sama dengan dia, janganlah ia menceraikan laki-laki itu.
Karena suami yang tidak beriman itu dikuduskan oleh isterinya dan isteri yang tidak beriman itu dikuduskan oleh suaminya. Andaikata tidak demikian, niscaya anak-anakmu adalah anak cemar, tetapi sekarang mereka adalah anak-anak kudus.
Tetapi kalau orang yang tidak beriman itu mau bercerai, biarlah ia bercerai; dalam hal yang demikian saudara atau saudari tidak terikat. Tetapi Allah memanggil kamu untuk hidup dalam damai sejahtera.

2 Korintus 6:14
Tetapi syukur bagi Allah, yang dalam Kristus selalu membawa kami di jalan kemenangan-Nya. Dengan perantaraan kami Ia menyebarkan keharuman pengenalan akan Dia di mana-mana.

Matius 19:5-6
Dan firman-Nya: sebab itu laki-laki akan meninggalkan ayah dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya itu menjadi satu daging.
Demikianlah mereka bukan lagi dua melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah tidak boleh diceraikan manusia.

Amsal 19:14
Rumah dan harta adalah warisan nenek moyang, tetapi isteri yang berakal budi adalah karunia TUHAN.

Maleakhi 2:14
Dan kamu bertanya: "Oleh karena apa?" Oleh sebab Tuhan telah menjadi saksi antara engkau dan isteri masa mudamu yang kepadanya engkau telah tidak setia, padahal dialah teman sekutumu dan isteri seperjanjianmu.

Matius 5:28
Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya.

Ayat ini bisa mengingatkan kita tentang sebab awal perceraian dalam sebuah pernikahan. Seseorang yang sudah menikah, harus tetap menjaga komitmen untuk tetap setia kepada pasangan.

Lihat juga ayat Alkitab tentang pacaran dan pasangan hidup

Ibrani 13:4
Hendaklah kamu semua penuh hormat terhadap perkawinan dan janganlah kamu mencemarkan tempat tidur, sebab orang-orang sundal dan pezinah akan dihakimi Allah.

Kolose 3:14-15
Dan di atas semuanya itu: Kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang menyatukan dan menyempurnakan.
Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah.

1 Tesalonika 4:3-5
Karena inilah kehendak Allah: pengudusanmu, yaitu supaya kamu menjauhi pencabulan,
supaya kamu masing-masing mengambil seorang perempuan menjadi isteri sendiri dan hidup di dalam pengudusan dan penghormatan,
bukan di dalam keinginan hawa nafsu, seperti yang dibuat oleh orang-orang yang tidak mengenal Allah.

1 Petrus 3:7
Demikian juga, hai suami-suami, hiduplah bijaksana dengan isterimu, sebagai kaum yang lebih lemah! Hormatilah mereka sebagai teman pewaris dari kasih karunia, yaitu kehidupan, supaya doamu juga jangan terhalang.

Lihat juga contoh undangan pernikahan Kristen

Demikianlah ayat-ayat Alkitab tentang pernikahan agar terhindar dari perceraian. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.