Skip to main content

Perbedaan FAT32, NTFS, dan exFAT Pada Flashdisk

Apa bedanya FAT32, exFAT dan NTFS? - Ada banyak pertanyaan, apa itu FAT32, NTFS dan exFAT? Ketiga jenis file system tersebut diperhadapkan kepada kita yang ingin memformat flashdisk. Apa saja perbedaan serta kelebihan dan kekurangannya? Berikut ini penjelasannya.

Perbedaan FAT32, NTFS, dan exFAT Pada Flashdisk
Perbedaan FAT32, NTFS, dan exFAT Pada Flashdisk

Baik FAT32, exFAT, dan NTFS, masing-masing adalah file sistem yang memiliki perbedaan yang cukup besar dalam penggunaannya. Meskipun setiap partisi dengan jenis file system apapun umumnya digunakan untuk penyimpanan file, namun ada batasan-batasan tertentu yang menjadi perbedaan sehingga kita harus memformat drive partisi sesuai dengan file system yang kita butuhkan.

Pengertian dan Perbedaan FAT32, exFAT dan NTFS


Seperti yang telah dijelaskan di atas, setiap jenis file system memiliki perbedaan dalam kaitannya dengan penyimpanan file dan dukungan sistem operasi. Berikut ini perbedaan FAT32, exFAT, dan NTFS serta kelebihan dan kekurangannya.

FAT32


FAT adalah singkatan dari File Allocation Tabel. Sebelum FAT32, ada FAT16 yang merupakan versi sebelumnya. FAT32 pertama kali diperkenalkan pada sistem operasi Windows 95 untuk menggantikan sistem file FAT16.

FAT32 merupakan file system default pada flashdisk. Salah satu masalah pada file system FAT32 adalah tidak bisa mengcopy file besar dengan ukuran lebih dari 4 GB. Akan ada peringatan "file to large" meskipun pada kapasitas penyimpanan file pada flashdisk masih banyak yang kosong.

Kelebihan FAT32

Support yang besar untuk berbagai macam jenis sistem operasi seperti Windows, Mac OS, Linux, Console Game, dan lain-lain.

Karena itulah, flashdisk dengan file system FAT32 cocok digunakan media penyimpanan file kecil kurang dari 4 GB yang sering digunakan untuk pertukaran file multi os.

Kekurangan FAT32
  1. Tipe bisa menyimpan file yang ukurannya lebih dari 4 GB. 
  2. Kapasitas partisi maksimal 8 TB. Jadi, jika hardisk diubah menjadi FAT32, meskipun kapasitasnya lebih besar dari 8 TB akan tetap terbaca pada kapasitas maksimal tersebut.
  3. Tidak memiliki enskripsi sehingga dikatakan fitur keamanan data tidak terlalu bagus.
  4. Pada file system FAT32 ukuran clusternya memiliki besar 32 KB. Jadi ukuran file yang lebih kecil dari 32 KB seperti 1 KB, 5 KB, atau 20 KB tetap terbaca 32 KB.

exFAT


exFAT pertama kali diperkenalkan pada tahun 2006 yang dirancang khusus dengan tujuan menjadi file sistem yang ringan dengan ukuran file yang besar. Bisa dikatakan, exFAT adalah hasil pengembangan FAT32.

Beberapa kelebihan exFAT adalah jika Mac OS hanya mendukung rean-only untuk NTFS maka exFAT di Mac OS lebih bersahabat dengan adanya dukungan read-write.

Namun kelemahannya, untuk bekerja di Linux, harus menggunakan software tambahan. Hal ini tentu menjadikan FAT32 lebih unggul dari segi dukungan sistem operasi dibandingkan dengan exFAT.

Secara umum, exFAT cocok untuk media penyimpanan eksternal yang lebih dari 4 GB dan digunakan pada multi sistem operasi seperti Windows, Linux dan Mac OS.

NTFS


NTFS singkatan dari New Technology File System adalah sebuah jenis file system modern yang bekerja penuh pada sistem operasi Windows. NTFS pertama kali diperkenalkan pada sistem operasi Windows XP.

Pada umumnya, hardisk internal dan eksternal menggunakan format file NTFS. Format file system NTFS digunakan untuk menginstall sistem operasi Windows.

Untuk Linux dan Mac OS, NTFS kurang kompatibel. Meskipun demikian, beberapa distro Linux sudah mendukung dan kompatibel dengan NTFS. Sementara di Mac OS X hanya untuk read-only.

Pada file system NTFS ukuran clusternya memiliki besar 4 KB. Jadi ukuran file yang lebih kecil dari 4 KB seperti 1 KB, 2 KB, atau 3 KB tetap terbaca 4 KB.

Kelebihan NTFS
  1. Dari segi keamanan, NTFS lebih aman karena memiliki fitur enskripsi data dan file permission.
  2. Kemungkinan kecil data corrupt
  3. Kompresi data secara transparan sehingga lebih hemat ruang hardisk.
Kekurangan NTFS

Kurang support dari sistem operasi seperti Linux dan Mac OS.

Kesimpulan Perbedaan FAT32, NTFS dan exFAT


Baik FAT32, NTFS dan exFAT masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Perbedaan kegunaan dan tujuan penggunaan menjadi alasan utama kita memformat flashdisk menjadi FAT32, NTFS atau exFAT

Jadi, memilih format file system terbaik untuk flashdisk disesuaikan dengan kebutuhan.

FAT32 menjadi format file system default di flashdisk. Cocok digunakan untuk menyimpan file yang kurang dari 4 GB dan melakukan pertukaran data di berbagai sistem operasi.

exFAT cocok digunakan untuk menyimpan data file yang ukurannya besar lebih dari 4 GB yang tidak didukung oleh FAT32.

NTFS menjadi jenis file system default pada hardisk internal Windows dan hardisk eksternal. Bagi kamu pengguna Windows, NTFS menjadi file system yang cocok digunakan karena fiturnya yang lebih aman dan bersahabat untuk file.

Saat ingin menginstall sistem operasi Windows, juga disarankan menggunakan flashdisk bootable dengan format file system NTFS.

Demikianlah pengertian dan perbedaan FAT32, exFAT, dan NTFS. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.