Skip to main content

Cara Mengganti Background Foto di Paint Tanpa Photoshop

Mengganti Background Foto di Paint Tanpa Photoshop - Tidak perlu menjadi editor berpengalaman dengan kemampuan software editing foto profesional. Ternyata kamu bisa mengubah latar merah foto kamu menjadi warna biru hanya dengan bermodalkan aplikasi bawaan Windows 7, Paint.

Cara Mengganti Background Foto di Paint
Cara Mengganti Background Foto di Paint

Keuntungan menggunakan aplikasi Paint adalah kamu lebih mudah melakukannya. Kamu yang tidak memiliki aplikasi Photoshop atau CorelDraw karena spek laptop yang tidak mendukung atau pun karena tidak bisa menggunakan kedua aplikasi editing foto profesional tersebut, dapat dengan mudah mengubah background foto hanya dengan sedikit tools di Paint.

Cara Mengganti Background Foto di Paint Windows 7


Langsung saja, berikut ini langkah-langkah menggunakan Paint untuk mengubah background foto.

1. Buka aplikasi Paint. Caranya bisa langsung tekan tombol Windows di keyboard dan ketik Paint kemudian tekan Enter.

2. Tekan CTRL + O untuk membuka foto dari my computer yang akan di edit.

3. Setelah foto terbuka, klik Selection lalu pilih Free-Form Selection.

 Mengedit background foto tanpa Photoshop menggunakan Paint
Mengedit background foto tanpa Photoshop

4. Seleksi tepi foto dan pisahkan dengan background. Tips agar hasil selesksi bersih adalah dengan zoom foto sebesar-besarnya. Kamu hanya perlu seleksi obyeknya saja.

5. Cara selesksi adalah dengan mengarahkan kursor ke tepi obyek kemudian menariknya keluar sehingga hasil seleksi tidak menghapus obyek. Setelah obyek dan background foto diseleksi, klik Select dan pilih Delete atau bisa dengan tekan tombol delete di keyboard.

Edit background foto di Paint
Edit background foto di Paint

6. Setelah obyek berhasil diseleksi dengan rapi, saatnya untuk mengganti warna background. Klik fill with color dan pastikan Color 1 warnanya sesuai dengan background yang diinginkan. Saya pilih warna biru karena tadi latarnya warna merah.

Menghapus background foto di Paint
Menghapus background foto di Paint

7. Kemudian tumpahkan ember cat diwarna background merah dan putih hasil selection tadi. Maka background foto akan otomatis berubah jadi warna biru.

Cara edit foto di Paint Windows 7
Cara edit foto di Paint Windows 7

8. Setelah pengeditan selesai dan hasilnya sempurna, klik File dan pilih Save as untuk menyimpan foto sebagai file yang baru.

Tips tambahan:

Kalau hasil seleksi masih kurang rapi, bisa gunakan tools Brushes dan pilih model serta size tulisnya. Pastikan zoom foto yang diedit agar lebih rapi hasilnya.

Tutorial di atas menggunakan Windows 10 aplikasi bawaan Paint. Kesulitan dalam mengedit background foto di Paint ini adalah saat menyeleksi. Agar seleksi rapi dan bersih, kita harus zoom sebesar mungkin.

Jika kamu menggunakan Windows 10, kamu bisa mengganti background foto dengan Paint 3d. Aplikasi Paint terbaru tersebut sangat mumpuni dalam menghilangkan background foto dengan fitur magic select-nya.

Lihat di cara mengganti background foto di Paint 3D

Demikianlah cara mengganti background foto di Paint Tanpa Photoshop. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.