Skip to main content

Resiko Manajemen Proyek Perangkat Lunak (Mata Kuliah MPPL)

MAKALAH
RESIKO MANAJEMEN PROYEK PERANGKAT LUNAK

MAKALAH RESIKO MANAJEMEN PROYEK PERANGKAT LUNAK
MAKALAH RESIKO MANAJEMEN PROYEK PERANGKAT LUNAK

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK KOMPUTER
UNIVERSITAS
2020

KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas kasih dan pertolongan-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan malakah tentang "Resiko Manajemen Proyek Perangkat Lunak" ini tepat pada waktunya. Tidak lupa juga penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses penyelesaian makalah ini.

Makalah ini membahas tentang resiko manajemen perangkat lunak yang meliputi proses-proses terkait dengan pengidentifikasian resiko, kuantifikasi resiko, penyusunan penanggulangan resiko dan pengendalian penanggulangan resiko.

Semoga makalah ini dapat menjadi salah satu sumber materi yang bermanfaat bagi penulis lain yang ingin mencari informasi tentang sistem pendukung keputusan.

Dalam penyusunan makalah ini, penulis menyadari bahwa materi yang dibahas masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran untuk kemajuan kita bersama.


Palopo, 26 Februari 2020


Penulis

DAFTAR ISI

SAMPUL i
KATA PENGANTAR ii
DAFTAR ISI iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang 1
1.2 Rumusan Masalah 1
1.3 Tujuan 1
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Manajemen, Resiko, Proyek, dan Perangkat Lunak 2
2.2 Tujuan Manajemen Proyek Perangkat Lunak 2
2.3 Resiko Manajemen Proyek Perangkat Lunak 3
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan 5
3.2 Saran 5
DAFTAR PUSTAKA 6

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Pengembangan sebuah sistem membutuhkan perhitungan yang matang. Manajemen yang baik dibutuhkan demi kelancaran proyek pengembangan sebuah sistem. Hal yang sama pun berlaku dalam dunia IT ketika sebuah tim membuat perencanaan proyek perangkat lunak sangat dibutuhkan manajemen proyek yang baik.

Saat ini banyak sekali jasa dan produk IT yang ditawarkan sehingga memunculkan berbagai persaingan, baik perorangan bahkan sampai skala yang lebih luas seperti perusahaan. Persaingan yang ketat tersebut melahirkan sebuah ancaman berupa resiko yang membayangi setiap proyek pengembangan perangkat lunak. Tanpa manajemen yang baik, maka resiko tersebut akan semakin besar.

Pada dasarnya, manajemen proyek perangkat lunak yang baik akan sangat konsen terhadap resiko yang akan muncul. Karena itu, selain pemilihan stakeholders, yang tidak kalah penting dalam pembuatan proyek perangkat lunak adalah identifikasi resiko dan respon terhadap resiko tersebut.

1. 2. Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah dalam makalah ini adalah:

1. Apa itu manajemen, resiko, proyek, dan perangkat lunak?
2. Apa tujuan manajemen proyek perangkat lunak?
3. Bagaimana manajemen resiko proyek perangkat lunak?

1.3 Tujuan

Adapun tujuan dari makalah ini adalah untuk memenuhi tugas mata kuliah Manajemen Proyek Perangkat Lunak. Namun lebih dari pada itu, penulisan makalah ini juga bertujuan untuk memberikan informasi terkait pentingnya manajemen resiko dalam proses perencanaan proyek perangkat lunak.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Manajemen, Resiko, Proyek, dan Perangkat Lunak

Pertama yang harus kita pahami adalah definisi umum dari kata manajemen, resiko, proyek, dan perangkat lunak.

Manajemen adalah seperangkat prinsip yang berkaitan dengan fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian, dan penerapan prinsip-prinsip ini dalam memanfaatkan sumber daya fisik, keuangan, manusia dan informasi secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

Resiko adalah suatu keadaan yang tidak pasti dan terdapat unsur bahaya, akibat atau konsekuensi yang bisa terjadi akibat proses yang sedang berlangsung maupun kejadian yang akan datang.

Proyek adalah sebuah kegiatan yang bersifat sementara yang telah ditetapkan awal pekerjaannya dan waktu selesainya (dan biasanya selalu dibatasi oleh waktu, dan seringkali juga dibatasi oleh sumber pendanaan), untuk mencapai tujuan dan hasil yang spesifik dan unik, dan pada umumnya untuk menghasilkan sebuah perubahan yang bermanfaat atau yang mempunyai nilai tambah.

Perangkat lunak atau piranti lunak (software) adalah istilah khusus untuk data yang diformat, dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer.

2.2 Tujuan Manajemen Proyek Perangkat Lunak

Manajemen proyek perangkat lunak adalah aktifitas dalam memanajemen rekayasa perangkat lunak, dimulai sebelum aktifitas teknis di inisialisasi dan berlanjut pada keseluruhan batasan, perkembangan dan pemeliharaan perangkat lunak komputer serta controlling dengan menggunakan resource yang ada untuk membuat perangkat lunak dalam jangka waktu tertentu untuk memenuhi kebutuhan. Pentingya manajemen proyek karena ada tingkat kegagalan yang sangat tinggi antara proyek-proyek yang harus dihindari dan diantisipasi.

Tujuan manajemen proyek perangkat lunak adalah untuk menyediakan sebuah kerangka kerja yang memungkinkan manajer membuat estimasi yang dapat dipertanggung jawabkan mengenai sumber daya, biaya dan jadwal. Estimasi dibuat dengan sebuah kerangka waktu yang terbatas pada awal sebuah proyek perangkat unak dan seharusnya diperbarui secara teratur selagi proyek sedang berjalan.

Sebagai tambahan, estimasi akan berusaha mendefinisikan scenario kasus terbaik dan kasus terburuk. Tujuan perencanaan dicapai melalui suatu proses penemuan informasi yang menuju ke estimasi yang dapat dipertanggung jawabkan.

2.3 Resiko Manajemen Proyek Perangkat Lunak

Ada banyak resiko yang bisa muncul dalam proyek perangkat lunak yang dapat mengakibatkan kerugian. Baik dari segi estimasi waktu dan biaya, tim yang terlibat, sampai pada persaingan bisnis.

Karena itu, sangat penting untuk memperhitungkan resiko secara matang, terutama oleh manajer proyek yang bertanggung jawab terhadap kelancaran proyek.

Berikut ini proses manajemen resiko proyek perangkat lunak yang penting untuk diketahui.

a. Identifikasi Resiko

Manajemen resiko dimulai dari identifikasi resiko itu sendiri. Resiko yang terdapat dalam proses pembuatan perangkat lunak meliputi hal-hal seperti resiko teknologi yang digunakan, resiko individu dalam tim, resiko tim itu sendiri, resiko dari alat yang digunakan, resiko dari kebutuhan yang diharapkan klien, dan juga resiko dari estimasi baik waktu dan biaya.

b. Analisa Kualitatif dan Kuantitatif Resiko

Setelah diidentifikasi, resiko harus diperhitungkan secara matang apakah resiko tersebut dapat mengganggu proses pembuatan proyek perangkat lunak. Analisis resiko kualitatif memprioritaskan resiko berdasarkan probabilitas dan dampak dari kejadian. Sedangkan analisis resiko kuantitatif memperkirakan dampak resiko pada tujuan proyek.

c. Mengevaluasi Resiko

Setelah resiko diukur tingkat kemungkinan dan dampaknya, maka disusunlah urutan prioritas resiko. Mulai dari resiko dengan tingkat resiko tertinggi, sampai dengan resiko terendah. Resiko yang tidak termasuk dalam resiko yang dapat diterima/ditoleransi merupakan resiko yang menjadi prioritas untuk segera ditangani. Setelah diketahui besarnya tingkat resiko dan prioritas resiko, maka perlu disusun peta resiko.

d. Perencanaan Respon dan Penanganan Resiko

Respon terhadap resiko adalah proses penanganan resiko yang dapat dilakukan dengan strategi mengambil, menghindari atau mengurangi resiko ataupun dengan rencana strategi tindak lanjut lainnya.

Pemilihan cara menangani resiko dilakukan dengan mempertimbangkan biaya dan manfaat, yaitu biaya yang dikeluarkan untuk melaksanakan rencana tindakan lebih rendah daripada manfaat yang diperoleh dari pengurangan dampak kerugian resiko.

e. Pemantauan dan Pengendalian Resiko

Monitoring bertujuan untuk memantau resiko baru yang mungkin muncul. Sebagian besar pelaksana proyek tidak melakukan monitoring dan kontrol resiko yang mungkin muncul, sehingga ketika muncul krisis tidak mampu lagi menanggapi dengan cepat dan tepat.

Secara sederhana, proses manajemen resiko ini erat kaitannya dengan identifikasi, analisis, respon terhadap resiko yang muncul dan monitoring untuk mengontrol resiko dan evaluasi terhadap strategi penanganan resiko. Dan Setiap tahapan tersebut harus dikomunikasikan/dilaporkan kepada pihak yang berkepentingan terhadap aktivitas bisnis yang dilakukan perusahaan untuk memastikan bahwa tujuan manajemen resiko dapat tercapai sesuai dengan keinginan pihak yang berkepentingan. Pihak yang berkepentingan berasal dari internal perusahaan (manajemen, karyawan) dan eksternal perusahaan (pemasok, pemerintah daerah/pusat, masyarakat sekitar lingkungan perusahaan, dan konsumen/klien).

BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Manajemen proyek perangkat lunak bertujuan agar proses kerja dan kelancaran proyek terlaksana dengan baik. Untuk mencapai tujuan tersebut, salah satu faktor utama yang harus dipertimbangkan sejak awal adalah resiko proyek perangkat lunak.

Resiko dalam proyek perangkat lunak adalah hal yang tidak pasti sehingga manajemen harus memperhitungkan dengan cermat setiap resiko yang mungkin muncul. Mulai dari identifikasi resiko, analisis resiko dan evaluasi sampai pada tahap penanganan resiko dan monitoring terhadap resiko-resiko baru yang mungkin muncul selama proyek berlangsung yang dapat menghambat pekerjaan.

3.2 Saran

Manajemen proyek yang baik akan menghasilkan produk perangkat lunak yang dapat dipertanggung jawabkan dan sesuai dengan harapan klien. Karena itu, faktor resiko proyek perangkat lunak harus menjadi hal krusial yang harus dipertimbangkan, terutama bagi manajer proyek.

DAFTAR PUSTAKA

http://proyeksoftware.blogspot.com/2016/10/manajemen-resiko_25.html
http://41514010029.blog.mercubuana.ac.id/2016/09/01/manajemen-proyek-perangkat-lunak/
http://nurulauliarachman.blogspot.com/2013/10/makalah-menejemen-proyek-resiko.html
http://putudwipratamaa.blogspot.com/2016/05/manajemen-resiko-proyek-perangkat-lunak.html
http://proyeksoftware.blogspot.com/2016/10/manajemen-resiko_25.html
https://cpssoft.com/blog/bisnis/pengertian-manajemen-secara-lengkap/
https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-risiko.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_lunak
https://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_Proyek

Lihat juga contoh skripsi teknik informatika
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.