Skip to main content

Cara Menyembunyikan Alamat IP (IP Address) Saat Browsing

Cara Menyembunyikan Alamat IP (IP Address) Saat Browsing - Kemudahan akses yang ditawarkan internet memang memberikan banyak keuntungan. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa ada ancaman yang selalu mengintai dibalik aktivitas browsing tersebut. Salah satunya terkait dengan masalah data dan privasi pengguna internet.

Cara Menyembunyikan Alamat IP (IP Address) Saat Browsing
Cara Menyembunyikan Alamat IP (IP Address) Saat Browsing

Bukan informasi baru lagi bahwa apa yang kita lakukan di internet semuanya tercatat dengan jelas. Tentu saja ini merupakan sebuah ancaman, setidaknya bagi sebagian orang yang care tentang  data dan privasi. Karena itu, penting bagi kamu yang mengakses internet untuk tetap anonymous dan tidak terlacak.

Apa itu IP Address?


IP adalah singkatan dari Internet Protocol yang berfungsi untuk menghubungkan komputer atau router jaringan dengan ISP (Internet Service Provider) yang digunakan.

Mengapa kita perlu menyembunyikan alamat IP?

Percaya atau tidak, ada begitu banyak alasan pentingnya menyembunyikan alamat IP saat terhubung ke jaringan komputer.

Bayangkan saja saat riwayat browsing Anda semua tercatat, apa yang akan terjadi? Dan memang semua tercatat. Mungkin awalnya tidak ada masalah. Sampai terjadi kebocoran rahasia web server, pencurian data dan identitas dan hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.

Saat itulah kita menyadari bahwa pentingnya untuk tetap anonim saat terhubung ke jaringan internet. Salah satu caranya adalah dengan menyembunyikan IP address.

Manfaat menyembunyikan alamat IP adalah agar kita tetap anonim, privasi terjaga dan masih banyak hal lainnya, termasuk mengakses situs yang diblokir.

Terlebih bagi hacker, jejak digital adalah hal yang penting dan harus dibersihkan sebersih-bersihnya. Kalau tidak, ya pasti akan terciduk oleh tim cyber crime kepolisian yang juga tidak kalah dalam keahlian komputer dan jaringan.

Cara Menyembunyikan IP Address


Bagaimana menyembunyikan alamat IP? Berikut ini dijelaskan beberapa poin cara menyembunyikan IP address.

1. Menggunakan Wifi Publik


Kita sering mendengar bahwa ada resiko dibalik penggunaan wifi publik. Sepertinya mudahnya diretas dan data-data penting kita juga terancam. Tapi kabar baiknya, alamat IP Anda akan tersembunyi ketika menggunakan wifi publik. Menggunakan wifi publik adalah cara paling mudah untuk menyembunyikan alamat IP Anda.

2. Menggunakan Server Proxy


Salah satu cara menyembunyikan alamat IP yang cukup efektif adalah dengan mengatur proxy. Dengan mengatur proxy kita bisa menyamarkan alamat IP sehingga sulit terlacak.

Dengan menggunakan proxy tertentu, kita juga bisa mengakses situs yang diblokir. Kekurangan dari menyembunyikan alamat IP dengan setting proxy adalah koneksi internet yang lambat.

3. Menggunakan VPN (Virtual Private Network)


VPN (Virtual Private Network) adalah salah satu cara mudah dan efektif dalam menyembunyikan alamat IP. Dengan menggunakan VPN, alamat kita tidak akan terlacak karena kita mengakses internet publik dengan cara yang lebih private.

Ada banyak VPN yang bisa Anda coba untuk menyembunyikan alamat IP. Bahkan banyak aplikasi VPN gratis yang bisa digunakan untuk menyembunyikan IP android agar tidak terlacak.

Namun ada baiknya Anda mempertimbangkan antara menggunakan VPN gratis dan berbayar. Karena ada bahaya menggunakan VPN gratis yang juga penting untuk diketahui.

4. Menggunakan TOR Browser


Sebagian besar pengguna internet, mungkin TOR browser atau yang juga dikenal "Onion Router" adalah hal yang baru. Tapi bagi hacker dan mereka yang terbiasa akses deepweb terlebih darkweb, maka TOR browser adalah hal yang wajib.

Menggunakan TOR browser adalah cara yang paling ampuh untuk menyembunyikan alamat IP. Dan ini akan benar-benar membuat Anda anonim saat menjelajah menggunakan TOR Browser. Hanya saja, kekurangannya adalah koneksi internet Anda akan sangat lambat

Pada artikel ini kita hanya bahas cara menyembunyikan IP address dari sisi poin-poinnya saja. Masih bersifat pengetahuan umum dan belum masuk ke masalah teknis. Soalnya saya juga baru belajar tentang ini dan kedepannya kita akan banyak belajar tentang hacker bersama-sama. Maklum, mau mendalami dunia baru lagi nih.

Pastikan Anda menyembunyikan alamat IP saat browsing untuk terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Tetap anonim dan tidak terlacak dengan alamat IP yang disamarkan. Jangan keseringan akses situs yang diblokir :)

Lihat juga Langkah Pertama Menjadi Hacker

Demikianlah cara menyembunyikan alamat IP (IP address) saat browsing, semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.