Skip to main content

Doa Menabung di Celengan Agar Terhindar Dari Kegagalan

Doa menabung di celengan agar aman - Sejak kecil saya selalu belajar dan diajarkan menabung. Dari masa menjadi pelajar sampai hari ini, menabung di celengan merupakan rutinitas saya. Meskipun tanpa tujuan, bagi saya menabung adalah suatu kebutuhan yang penting. Tapi oh ternyata, niat menabung kadang terhalang oleh hal-hal yang tidak disadari.

Doa Menabung di Celengan Agar Terhindar Dari Kegagalan
Doa Menabung di Celengan Agar Terhindar Dari Kegagalan

Tahulah, bagaimana sulitnya menabung di antara banyaknya keinginan yang bukan kebutuhan. Saya sudah mencoba doa menabung di celengan tapi sulitlah untuk mengatasi godaan-godaan.

Ada banyak tantangan yang bisa menjadi penyebab gagal menabung. Dan dari beberapa percobaan menabung di celengan sejak masih kecil dengan tujuan tertentu, meskipun sudah niat menabung, tapi pada akhirnya gagal juga.

Karena itulah, hari ini saya akan berbagi beberapa tips menabung di celengan agar terhindar dari kegagalan yang cocok untuk pelajar atau mahasiswa dan semua orang.

1. Doa niat menabung


Apakah ada doa menabung di celengan?

Pasti ada! Sebelum menabung pastikan Anda memang niat menabung. Percuma mengatakan saya ingin menabung kalau niat belum teguh.

Karena itu, doa niat menabung itu perlu. Yakinkan diri Anda bahwa menabung itu penting untuk masa depan Anda. Meskipun hanya di celengan.

2. Tentukan tujuan menabung


Niat menabung sangat ditentukan oleh tujuan menabung. Meskipun saya selalu berkata bahwa menabung adalah kebutuhan, kadang kita memang harus menabung untuk keinginan.

Karena itu, hal kedua setelah doa menabung adalah tujuan menabung.

Apa yang menjadi motivasi Anda menabung di celengan?

3. Menabung itu sederhana


Tanamkan dalam pikiran kita bahwa menabung itu sederhana. Tidak perlu ada alasan gaji pas-pasan atau lainnya. Kalau ada niat mau nabung, ya nabung aja. Don't give me a reason.

Menabung di rumah itu adalah langkah awal. Contohnya memasukkan uang hasil belanja bulanan ke dalam celengan. Mengajarkan anak untuk menabung di celengan dari hasil sisih uang jajan.

4. Menabung butuh proses


Saat niat menabung, berkali-kali kita sudah berdoa dan berusaha agar hasil tabungan bisa digunakan untuk tujuan awal menabung. Tapi banyak orang yang tidak sabaran. Menabung itu butuh proses.

Hal ini juga sering saya alami. Kadang saya mau hasil tabungan harus cepat terkumpul biar bisa cepat kaya. Tapi itu hanya mimpi. Menabung bukanlah cara mendapatkan uang tapi cara menyimpan uang.

Untuk apa uang di celengan? Saat Anda memulai menabung di celengan, pasti suatu hari nanti tahu manfaat menabung. Saya sudah buktikan kalau uang tabungan di celengan itu sangat berguna.

Dalam menabung, kesabaran kita akan terus diuji. Saat masih SD dulu, kadang kita harus mampu menahan keinginan untuk membeli 2 potong es pelangi. Satu aja cukup, sisanya untuk "makanan celengan ayam" di rumah.

Karena itu, menabung mengajarkan kita untuk be patience. Karena itu, jangan memanjatkan doa menabung agar cepat penuh, ya.

5. Penyebab Gagal Menabung


"Rumput tetangga lebih hijau."
"Rumah tetangga baru renovasi."
"Baju teman lebih mahal dan sering gonta-ganti."
"Mereka makan di tempat yang lebih bergengsi."

Hei! Itu semua adalah godaan dalam menabung. Memang menyakitkan ketika membandingkan kehidupan yang kita jalani dengan yang orang lain alami. Namun tidak mau, tepis semua godaan yang tidak perlu agar tidak gagal menabung.

Karena gengsi dan iri hati, kita pun berusahan menyaingi gaya hidup mereka. Padahal, itu adalah godaan terbesar dalam hidup manusia. So, jangan lihat orang lain dan fokus pada diri sendiri.

Stop!! Hidup itu indah kalau dijalani tanpa beban karena "rumput tetangga lebih hijau."

Saat kita melihat si A lebih sukses. Motivasi kita mengalahkan si A. Ketika itu tercapai, kita pun melihat si B yang ternyata jauh melebihi si A. Kita pun memiliki niat untuk mengalahkan si B kali ini.

Hidup itu seperti itu saudara. Akan selalu ada orang yang di atas kita dan akan selalu ada orang lain yang lebih di atas lagi.

Karena itu, agar sukses menabung, tips terbaik adalah dengan fokus pada tujuan awal. Jangan tergoda dengan tawaran-tawaran dalam proses mengisi celengan.

Melihat seseorang yang sukses tidaklah masalah, selama rasa iri hati tidak ada. Jadikan kesuksesan mereka sebagai motivasi untuk maju. Dan ketahuilah, bahwa setiap orang yang terlihat berhasil hari ini, itu semua karena mereka tidak pernah berhenti bangun saat terjatuh.

Doa menabung di celengan itu bisa saja hanya niat yang akan segera pudar jika Anda tidak segera memulainya. Karena itu, ketika ada niat untuk menabung, langsung ambil celengan dan simpan uang di dalamnya. Entah itu Rp2.000, Rp20.000 semua itu adalah tabungan dan Anda sudah berhasil memulai kebiasaan baik.

Percaya deh, menabung memang sulit di awal. Tapi kalau sudah terbiasa, akan ada dorongan untuk terus memasukkan uang ke dalam celengan.

Namun hari ini, kita tidak hidup dari menabung saja. Kita harus mulai berinvestasi juga.

Manfaat Menabung di Celengan


Saya sering membaca buku dan mendengar video-video motivasi tentang menabung. Mereka mengatakan agar kita tidak perlu memikirkan tentang menabung dan investasi sebelum kaya. Kasarnya, tidak perlu menabung sebelum kaya raya.

Sepertinya bijak.

Tapi tunggu dulu.

Pendapat ini tidak sepenuhnya benar meskipun banyak benarnya, terlebih dalam konteks menabung di celengan.

Menabung di celengan adalah salah satu cara sederhana untuk memegang teguh komitmen. Dengan rajin menabung, artinya kita juga menjadi disiplin untuk menyisihkan uang.

Satu lagi, tuyul yang paling sering mencuri tabunganmu adalah barang-barang yang harganya kecil di setiap kamu membeli produk.

Belum mengerti?

Coba deh kamu pergi belanja ke minimarket.

Barang-barang pokok yang ingin kamu beli umumnya berada di sebelah dalam agar kamu sebagai pembeli melihat lebih banyak barang lainnya ketika menuju barang utama yang ingin dibeli.

Belum lagi ketika kamu ke kasir, di sana ada banyak permen dan barang-barang yang harganya murah. Jika di toko kelontong, biasanya kembaliannya permen atau barang lainnya yang harganya Rp1000. Hha.. hha...

Sebenarnya, itu adalah trik marketing untuk menaikkan penjualan produk mereka. Akhirnya, uang yang seharusnya bisa kamu tabung habis untuk produk-produk yang tidak terlalu dibutuhkan tadi.

Saya tidak berbicara tentang uang Rp1000. Karena ini juga terjadi saat closing produk puluhan juta dimana produk jutaan sudah dipandang "kecil".

Jadi, jika kamu ingin menabung di celengan dengan aman, rajin-rajinlah menyimpan uang dan belajar manajemen bisnis serta trik-trik marketing sehingga dari penghasilanmu juga bisa lebih banyak disimpan di celengan.

Lihat juga Kelebihan dan Kekurangan Menabung di Bank BRI

Demikianlah doa menabung di celengan untuk mengatasi penyebab gagal nabung. See you later!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.