Skip to main content

6 Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami, Mudah, dan Cepat

Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami dan Cepat - Batuk berdahak merupakan salah satu penyakit yang sangat mengganggu. Batuk ini bisa disebabkan oleh pilek dan flu. Dan untuk mengobatinya, banyak obat batuk berdahak dan gatal yang bisa didapatkan di apotek. Namun sebelum mencari obat batuk berdahak, lebih baik kita coba beberapa obat batuk alami yang mudah didapatkan di rumah terlebih dahulu.

6 Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami, Mudah, dan Cepat
6 Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami, Mudah, dan Cepat

Cara mengobati batuk berdahak dan pilek dengan obat batuk alami sebenarnya tidak terlalu sulit. Namun kadang memang tidak cukup efektif untuk menyembuhkan batuk secara cepat. Namun tidak masalah jika ingin mencoba mengobati batuk berdahak secara alami.

Cara Mengobati Batuk Berdahak Secara Alami di Rumah


Langsung saja, berikut beberapa cara alami untuk menghilangkan batuk berdahak yang sudah terbukti khasiatnya.

1. Mengkomsumsi Air hangat


Obat batuk alami yang paling mudah dibuat adalah air putih hangat. Dengan meminum air putih hangat, bisa meredakan batuk berdahak dan gatal. Dan memang sangat disarankan untuk meminum air hangat saat batuk berdahak.

2. Minum Jus lemon


obat batuk alami
Obat batuk alami

Buah berwarna kuning terang yang satu ini juga dapat dijadikan sebagai obat batuk alami. Cara membuatnya pun mudah. Cukup buat jus lemon dengan cara mengambil air perasan lemon dan mencampurnya dengan air hangat.

3. Berkumur dengan Air garam


Obat batuk alami untuk dewasa yang juga manjur dengan menggunakan air garam. Air garam tersebut digunakan untuk kumur. Dengan berkumur air garam, bukan hanya batuk berdahak yang bisa terobati namun juga gatal di tenggorokan bisa reda.

Namun berkumur dengan air garam juga tidak direkomendasikan, terlebih jika dilakukan secara berlebihan. Karena hal ini dapat merusak kesehatan gigi.

4. Gunakan ramuan tradisional


Sebenarnya banyak sekali obat batuk berdahak dan gatal secara alami yang bisa dibuat dari daun-daunan. Obat batuk tersebut merupakan ramuan tradisional yang sudah terbukti dapat menghilangkan batuk dengan cepat.

Seperti wedang jahe dan minuman yang berbahan jahe lainnya, sangat ampuh dalam mengobati batuk berdahak secara alami dan cepat.

5. Mengobati batuk berdahak dengan madu


Madu memang sangat bermanfaat dalam bidang kesehatan dan kecantikan. Sebagai obat batuk alami, madu bisa dikomsumsi secara langsung atau pun dicampur dengan jus lemon dan air putih hangat.

Khasiat madu memang sudah terbukti dapat mengobati berbagai jenis penyakit, bukan hanya batuk berdahak.

6. Istirahat yang cukup


Batuk berdahak bisa dialami oleh orang yang memiliki kekebalan tubuh yang rendah. Dan faktor kelelahan dapat membuat resiko terkena penyakit batuk berdahak semakin besar.

Saat batuk berdahak, selain istirahat yang cukup dengan tidur dan tidak banyak beraktivitas secara fisik. Dengan demikian, tubuh akan pulih kembali dan batuk berdahak bisa redah.

Makanan yang harus dihindari saat batuk berdahak


Batuk berdahak bisa lebih parah jika Anda memiliki kebiasaan mengkomsumsi makanan dan minuman yang tidak tepat seperti:

1. Makanan berminyak


Makan makanan berminyak akan memperburuk keadaan. Bukannya sembuh dari batuk berdahak malah akan bertambah sakitnya. Karena itu, penting untuk menghindari makanan berminyak seperti gorengan dan lain-lain.

2. Minuman dingin


Batuk berdahak juga anti terhadap minuman dingin. Jika mengkomsumsi minuman dingin saat batuk berdahak, bisa jadi batuknya akan semakin menjadi-jadi dan tak kunjung sembuh.

Jika cara menghilangkan batuk berdahak di atas tidak berhasil dan batuk berdahak yang sudah lama, maka sebaiknya segera ke dokter untuk mendapatkan obat dari dokter dan saran yang lebih baik.

 Periksa ke dokter
Periksa ke dokter

Untuk anak yang juga terserang batuk berdahak, dokter akan memberikan obat dalam bentuk sirup sehingga anak lebih suka makan obat.

 Obat batuk sirup
Obat batuk sirup

Sekali lagi, jika batuk berdahak tidak kunjung sembuh sebaiknya periksa ke dokter.

Itulah 6 cara mengobati batuk berdahak secara alami, mudah dan cepat. See you...
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.