--> Skip to main content

Kelebihan dan Kekurangan Menabung di Bank BRI

Kelebihan dan Kekurangan Menabung di Bank BRI - Ada banyak bank di Indonesia dan BRI menjadi bank dengan jumlah nasabah terbanyak. Mengapa harus bank BRI? Ada banyak keuntungan menabung di bank BRI yang tidak bisa dipungkiri, salah satunya memiliki kantor cabang yang tersebar sampai ke pelosok negeri.

Namun tentu bukan hanya itu yang menjadi alasan menabung di bank BRI. Ada beberapa keuntungan menabung di bank BRI lainnya yang juga menjadi pertimbangan nasabah menabung di BRI. Namun tak bisa dipungkiri, ada juga kekurangan menabung di bank BRI sama seperti menabung di bank lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Menabung di Bank BRI


Yeah, menabung di bank pastinya ada kelebihan dan kekurangannya. Itu tida bisa dipungkiri. Jika ada yang bertanya, bagusan menabung di BRI atau BNI? 

Saya masih belum sampai ke sana untuk mereview. Sebagai nasabah BRI, saya bisa membagikan sedikit pengalaman menabung di bank BRI yang selama ini sering saya temui di lapangan.

kelebihan dan kekurangan menabung di bri bank rakyat indonesia
Kelebihan dan kekurangan menabung di Bank BRI - Infoperbankan

Sekilas tentang Bank BRI


Siapa sih, yang tidak tahu dengan Bank BRI? Semua tahu, mulai dari pusat kota sampai pelosok tanah air, BRI adalah bank yang benar-benar untuk rakyat. 

Bank Rakyat Indonesia (BRI) termasuk bank BUMN bersama dengan Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Tabungan Negara (BTN). 

Saya sendiri menggunakan tabungan Simpedes BRI. Salah satu jenis tabungan BRI yang paling banyak digunakan, terutama oleh masyarakat desa.

Berikut ini jenis-jenis tabungan Bank Rakyat Indonesia (BRI).
  1. Tabungan Simpedes
  2. Tabungan BritAma
  3. Tabungan Simpedes TKI
  4. Tabungan BritAma Bisnis
  5. Tabungan BritAma X
  6. Tabungan BritAma Rencana
  7. Tabungan BritAma Valas
  8. Tabungan BRI Junio
  9. Tabungan Haji
Apa saja keuntungan dan kekurangan menabung di BRI?

Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Kelebihan Menabung di Bank BRI


Menurut saya, Bank BRI merupakan bank yang paling menguntungkan nasabah...

Mulai dari syarat pendaftaran sampai pelayanan, BRI bisa dikatakan tidak kalah dari bank-bank lain di Indonesia. Saya berpendapat bahwa Bank BRI merupakan bank yang paling menguntungkan penabung karena menyediakan berbagai fasilitas yang mudah diakses.

1. Fasilitas Bank BRI beragam

Unit bank BRI, cabang dan teras BRI menjangkau sampai ke pelosok-pelosok Nusantara yang siap melayani nasabah di seluruh wilayah Indonesia. Tak tanggung-tanggung, BRI juga menyediakan banyak sekali mesin ATM yang memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi.

Jika Anjungan Tunai Mandiri belum cukup, maka pengguna BRI masih bisa memanfaatkan BRI link untuk bertransaksi. Selain itu, nasabah BRI juga bisa menikmati layanan transaksi lewat hp android melalui SMS Banking, Mobile Banking dan Internet Banking.

2. Transaksi 24 jam

Unit kerja bank BRI memang umumnya buka dari jam 08.00 sampai 15.00. Namun transaksi bisa dilakukan dalam 24 jam. melalui ATM, SMS Banking, Mobile Banking dan Internet Banking.

Mulai dari Pembayaran BRIVA (Virtual Account), BPJS, sampai rekening listrik semua tersedia dan pembayarannya bisa dilakukan di ATM atau pun di hp android. 

Menurut saya, fasilitas yang benar-benar memiliki manfaat yang sangat berguna adalah Internet Banking BRI. Dengan mengaktifkan transaksi finansial, kita tidak perlu mendatangi mesin ATM untuk melakukan pembayaran maupun melakukan transfer.

Hal ini karena Internet Banking memungkinkan itu semua, baik transfer terhadap sesama BRI maupun bank lain seperti BNI, BCA dan semua bank di dunia.

Dengan internet banking BRI, kita juga bisa cek mutasi rekening BRI setiap saat sehingga bisa memanajemen penggunaan dana lebih bijak.

3. Tawaran kredit dengan bunga yang murah

kelebihan dan kekurangan menabung di bank bri
Kelebihan dan kekurangan Bank BRI - Picture from Tribunnews

Dan yang paling menguntungkan bagi nasabah adalah banyaknya tawaran kredit BRI. Salah satu yang populer digunakan oleh masyarakat kelas bawah sampai menegah adalah KUR (Kredit Usaha Rakyat) dengan bunga yang sangat murah. 

Sudah beberapa tahun belakangan keluarga saya menggunakan kredit ini dan benar-benar merasakan manfaat dana KUR.

4. Keuntungan bunga

Meskipun tidak seberapa, terlebih untuk nasabah yang jumlah saldonya juga tidak seberapa, namun pertimbangan besarnya bunga juga umumnya menjadi pertimbangan sebagian nasabah. Khususnya nasabah yang memiliki jumlah tabungan yang cukup besar, bunga tabungan akan memberikan keuntungan.

5. Keamanan terjamin

Resiko kehilangan uang karena menabung di bank sangatlah kecil. Ini tentu menjadi keuntungan menabung di bank dari pada di rumah. Bank BRI sendiri bekerjasama dengan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sehingga keamanan tabungan terjamin.

6. Produk beragam

Apa saja produk BRI yang menguntungkan nasabah? 

Di bank BRI, kita bisa melakukan investasi dengan membuka tabungan deposito yang jumlah bunganya lebih tinggi. Tentu ini bisa menjadi pilihan investasi jangka panjang yang aman.

Ada beragam produk beragam bank BRI yang tentunya menjadi daya tarik nasabah BRI. Seperti jenis tabungan BRI yang beragam seperti yang telah dijelaskan di atas.

7. Promo dan undian

Selain produk yang beragam, keuntungan menabung di bank yang tidak kalah menarik adalah mendapatkan promo dan undian. Pernah loh ada teman saya yang mendapatkan mobil mewah dari menabung di bank BRI.

Namun tidak semua nasabah mendapat kesempatan tersebut. Sepertinya ada kualifikasi tersendiri seperti jumlah saldo tabungan yang menjadi syarat mendapatkan hadiah lewat undian.

Lihat juga Review Tamasia: Aplikasi tabung emas online terpercaya.

Kekurangan Menabung di Bank BRI


Berikut ini beberapa kekurangan menabung di bank BRI yang sering menjadi keluhan nasabah.

1. Antri yang lama

BRI identik dengan kata antri. Yups! Benar sekali, kelebihan bank BRI adalah memiliki jutaan nasabah di seluruh provinsi di Indonesia. Namun hal itu juga dapat menjadi kekurangan menurut para nasabah yang tidak mendapatkan pelayanan secara total.

Di unit kerja BRI/Kanca atau pun mesin ATM, beberapa Bank BRI di sekitar lokasi tempat tinggal saya masih membuat nasabah antri cukup lama. Fasilitas yang tersedia belum cukup untuk melayani jumlah nasabah yang jauh lebih banyak. Namun hal ini sebenarnya bisa diatasi dengan memanfaatkan transaksi online melalui Mobile Banking dan Internet Banking.

2. Mesin ATM error

Kekurangan menabung di bank BRI yang juga sering terjadi adalah mesin ATM yang sering error. Masalah jaringan adalah masalah yang jarang terjadi, namun tombol mesin ATM yang rusak dan lama diperbaiki bukanlah masalah yang baru.

Pengalaman menarik uang di bank BRI yang menyedihkan pernah saya alami. Saat ini melakukan penarikan di ATM yang ternyata bermasalah. Saldo di rekening terpotong namun uang tidak keluar dari mesin ATM.


3. Terdapat limit transaksi

Transaksi finansial di bank memiliki limit atau batas tertentu, baik penarikan, transfer, dan pembayaran. Limit transfer di ATM BRI jauh lebih kecil dari pada limit transaksi di internet banking BRI. Untuk itu, ada baiknya kamu menggunakan internet banking BRI jika ingin melakukan transaksi dalam jumlah yang besar.

Selengkapnya dalam limit transfer ATM BRI

4. Terdapat biaya admin

Menabung di bank itu tidak gratis. Ada biaya setiap transaksi dan biaya bulanan yang harus ditanggung oleh pemilik tabungan. Meskipun biaya admin tidak terlalu besar, namun jika sering bertransaksi, tentu biaya admin ini juga cukup lumayan membuat saldo terpotong. 

Bahkan biaya admin jauh lebih besar dari bungan tabungan. Hhe.. hhe...

5. Efek negatif kemudahan transaksi 

Kemudahan transaksi juga memiliki dampak yang negatif. Transaksi 24 jam yang mudah dilakukan langsung dari hp juga membuat tabungan bisa lebih cepat habis. Terlebih saat ada promo toko online yang membuat daya beli semakin tinggi.

Itulah beberapa kelemahan dan keuntungan menabung di bank. Pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun dari pada menabung di rumah yang beresiko tinggi, jauh lebih aman menabung di bank.


Demikianlah review kelebihan dan kekurangan menabung di bank BRI untuk nasabah. Semoga bermanfaat!
Contact Us: Komentar, saran dan masukan melalui WA 085396717324 dan Gmail Lara4store@gmail.com.